Friday 1 April 2011

Aloysius Mering

Aloysius Mering
Bawa Soal Seni ke Rumah
Oleh Ubay KPI

Peraih Borneo Tribune Award ketiga tahun 2010 Man of the Years kategori seni budaya, Aloysius Mering, sosok budayawan yang sampai saat ini tetap kukuh dalam menjaga kebudayaan seni Kalimantan Barat. Dia menjaga budaya melalui sanggar yang ia dirikan yakni “Sanggar sape’”.
Kebiasaan yang tak pernah lepas dari sosok satu ini mengenai seni, menurut penuturan istrinya, Lusia Julita, ialah tak pernah sungkan membawa ke forum keluarga bila ada yang perlu didiskusikan tentang seni atau masalah yang hadapi. “Bapak membawanya dalam forum keluarga, bukan terjadi satu atau dua kali, namun seringkali,” katanya.
Lucia Julita mengakui bahwa suaminya memang sejak dulu berkecimpung dalam seni, sebagai pendamping ia terus mendukung, mendukung bukan hanya sekedar mendukung namun ia mengharapkan budaya seni Kalbar bisa dikenal di nasional bahkan internasional.
Diakui juga oleh Lusia, jiwa pendidik seorang Aloysius Mering terutama kepada anak-anak sangatlah besar.
Keberadaan sosok yang besar di Kapuas Hulu ini juga sangat member sumbangsih terhadap budaya Kalimantan Barat. Bukan hanya dalam seni, namun pendidikan. Aloysiur Mering memberi sumbangsih yang luar biasa terhadap kecerdasan generasi muda Kalimantan Barat.

No comments:

Post a Comment