Friday 1 April 2011

Distanak KKR Tinjau Pertanian di Kecamatan Terentang

Pejabat jalan kaki saat masuk ke pelosok desa
Distanak KKR Tinjau Pertanian di Kecamatan Terentang
Oleh Ubay KPI

TERENTANG–Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kubu Raya yang dipimpin langsung oleh Ir. Suharjo beserta Kabid Tanaman Pangan, Kasi Sarana dan Prasarana Tanaman Pangan, Kamis (3/2) lalu mengunjungi Desa Teluk Empening, Teluk Permata, dan Radak 1 Kecamatan  Terentang.
Kehadiran Kepada Dinas Pertanian dan Peternakan Kubu Raya  tersebut untuk meninjau tanggul makro dan pintu air utama di Dusun Tanjung Harapan yang memiliki kawasan pertanian kurang lebih 100 hektar yang sampai dengan saat masih belum berfungsi sehingga mengakibatkan cetak sawah baru yang dikelola masyarakat sekitar kurang maksimal.
Distanak juga melihat lahan yang akan sebagai lahan pertanian seluas kurang lebih 200Ha di Dusun Kelola Jaya.
Usai peninjauan lapangan, Kadistanak juga menyempatkan berdialog dengan Kades yang hadir, ketua Gapoktan, Poktan, petani, dan tokoh masyarakat.
Ir  Suharjo mengharapkan kepada petani hendaknya dapat memanfaatkan sebaik-baiknya bantuan dari Dinas Pertanian termasuk memelihara dan memperbaiki sarana dan prasarana pertanian yang telah dibangun, disamping itu, juga diimbau agar petani melaksanakan tanam gaduh apapun resikonya, mengingat gagal tanam musim rendengan tahun 2010 lalu.
Kades Teluk Empening, Arpandi juga mengatakan Distanak juga akan menarik bantuan yang telah diberikan bila tidak dimanfaatkan untuk diberikan kepada petani lain yang lebih membutuhkan.
“Kami memang sangat bahagia dengan keseriusan pemerintah Kubu Raya yang sangat peduli dengan petani. Bantuan yang diberikan sebaik mungkin masyarakat pergunakan,” ujarnya.
“Kita sudah melakukan sosialiasasi kepada petani bagaimana menggunakan alat-alat bantuan tersebut,” tambahnya saat dihubungi via telepon beberapa waktu lalu.
Infrastruktur yang kurang baik menurut Arpandi juga menjadi penghambat keberhasilan petani Kecamatan Terentang.
Arpandi sekaligus mewakili Kepada Desa lainnya juga mengharap dan mengingatkan kepada pihak pemerintah, hendaknya program pertanian didukung penuh oleh dinas terkait lainnya terutama Dinas Bina Marga dan Pengairan Kubu Raya atau sebaliknya. Agar program pembangunan dapat berhasil dan berdaya guna bagi masyarakat setempat.

No comments:

Post a Comment