Friday 1 April 2011

Margaret Aliyatul Maimunah

Margaret Aliyatul Maimunah
Target 1000 Komisariat
Oleh: Ubay KPI
Adalah sosok yang memang dilahirkan di keluarga Nahdliyin. Di pesantren Mambaul Ma’arif Jombang ia pertama kali menjeritkan tangis berada di dunia. Berada di lingkungan pesantren dan menyandang gelar nyai bukanlah suatu title yang membanggakan. Namun penuh tanggung jawab yang harus diemban ketika dewasa, begitulah yang ungkapkan oleh Margaret Aliyatul Maimunah, sosok yang kini menjabat sebagai Ketua PB IPPNU.
Anak dari pasangan KH. M. Faruq dan Lili Khadijah ini memiliki nama unik. Katanya, nama Margaret diberikan orang tuanya karena terobsesi dengan nama tokoh wanita Inggris kala itu. Margaret Teacher.
Margaret Aliyatul Maimunah merintis diri menyelam dalam NU sejak dini, bahkan jiwanya dirasuki ruh setiap hari karena berada dalam lingkungan pesantren yang notabene warga Nahdliyin.
Pertama kali ia masuk dalam keorganisasian IPPNU-sebuah organisasi pelajar putri NU-dari Jawa Timur kala ia masih kuliah di IAIN Sunan Ampel Surabaya Jurusan Sastra dan Bahasa Arab. Amat getol dan nyebur bersama NU kala remaja itu, kisah Margaret.
Selanjutnya, ia melanjutkan studi kuliahnya di Universitas Indonesia Fakultas Studi Kajian Wanita, di Jakarta ia semakin besar keinginan untuk membesarkan organisasi anak NU, yakni IPPNU. Yang akhirnya ia kini menjabat sebagai Ketua PB IPPNU.
Tak tanggung-tanggung dalam masa periodenya, ia ingin membangun 1000 komisariat se-Indonesia dengan membagi beberapa zona sebagai langkah yang dianggapnya untuk memudahkan komunikasi antar daerah. Sebab menurutnya, bila tetap seperti yang lalu berpatokan pada pusat. Daerah lain tidak akan mampu mengejarnya, sebab, daerah Kalimantan contohnya tidaklah sama dengan daerah Jawa dalam hal ke-NU-an. Begitu juga dengan Sumatera, tidak akan sama dengan Sulawesi.
Dengan membagi per zona, Margaret Aliyatul Maimunah yakin IPPNU akan lebih berkembang.
Ia berkeinginan, segala masalah yang dihadapi oleh PW IPPNU dapat terkomunikasi ke PB IPPNU, sehingga antara PW dan PB punya hubungan saling memiliki tanggung jawab dan dilakukan secara bersama.


Nama            : Margaret Aliyatul Maimunah
Tanggal lahir  : Jombang, 11 Mei 1979
Alamat          : Ciputat Tangerang Selatan
Pendidikan     : Pasca Sarjana UI Fakultas Sastra dan Bahasa Arab
Jabatan          : Ketua PB IPPNU
Orang tua       : KH. M. Faruq dan Lili Khadijah
Suami            : Abdullah Mas’ud

No comments:

Post a Comment