Wednesday 30 March 2011

Milad Pertama HMJ Syari’ah

Milad Pertama HMJ Syari’ah
Oleh Fitriyani
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pontianak Jurusan Syari’ah menggelar Milad pertama di tahun 2011 dengan berbagai kegiatan pertandingan.
Kegiatan ini melibatkan mahasiswa Jurusan Syari’ah khususnya, serta mahasiswa STAIN Pontianak.
Himpunan Mahasiswa Jurusan Syari’ah merupakan salah satu jurusan yang ada di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pontianak yang didirikan pada tahun 1997. Walaupun Jurusan Syari’ah telah berusia 14 tahun, namun milad baru dapat dilaksanakan pada tahun ini yang diketuai oleh Musayudin.
Milad ini dilakukan dengan tujuan untuk mempromosikan jurusan Syari’ah kepada masyarakat. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Ketua Umum HMJ Syari’ah Musayudin (22).
Ia mengatakan  tujuan dilaksanakannya milad ini ialah untuk mempromosikan kepada masyarakat dan menggali potensi keahlian mahasiswa di bidang olah raga.
Kegiatan Milad dilaksanakan, 1-21 Maret 2011dengan berbagai kegiatan perlombaan, diantaranya futsal, volly dan kebersihan kelas, serta seminar lokal.
Antusias mahasiswa dalam melaksanakan Milad kali ini membuat kegiatan berjalan dengan lancar. Hal ini tidak saja terjadi pada mahasiswa Syari’ah saja, tetapi juga didukung oleh mahasiswa lainnya, seperti halnya pada pertandingan futsal dan volly, futsal terdiri dari 29 tim, 7 tim berasal dari HMJ Syari’ah, sedangkan volly putri terdiri dari 7 tim, 2 tim diantaranya utusan dari SMA Masyahid Hidayatullah, lebih dari itu merupakan kawan-kawan KBM di STAIN Pontianak.
Sedangkan untuk biaya pendaftarannya sebesar enam puluh ribu buat pertandingan futsal, dan tiga puluh ribu untuk pertandingan volly putri. Khusus bagi HMJ Syari’ah sendiri, tidak dikenakan biaya pendaftaran, “Kegiatan ini diprioritaskan untuk mahasiswa Jurusan Syari’ah jadi tidak dikenakan biaya, gratis,” Musayudin mengungkapkan.
Selain futsal dan volly, HMJ Syari’ah juga mengadakan lomba kebersihan kelas di Jurusan Syari’ah saja, yang akan dilaksanakan pada 15 Maret 2011, adapun objek penilaian adalah kebersihan, kerapian, dan dekorasi. Sedangkan untuk tim penilainya ialah setiap dosen yang masuk yang telah diberikan angket untuk penilaian. Pemenang lomba kebersihan kelas akan mendapatkan piala bergilir.”Pemenang lomba kebersihan kelas akan mendapatkan piala bergilir dari ketua Jurusan”, ungkapnya.
Adapun kegiatan yang dilakukan pada l 21 Maret 2011 yang bertepatan dengan tanggal berdirinya Jurusan Syari’ah ialah seminar lokal yang akan dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB di UPT yang akan dibuka langsung oleh Ketua STAIN Pontianak Hamka Siregar.
Pelaksanaan seminar lokal ini akan menghadirkan narasumber dari Ketua Jurusan Syari’ah, dan Kepala Desperindag Provinsi Kalimatan Barat, dengan tema Ekonomi Islam dalam Tantangan Perdagangan Bebas. Dan tak ketinggalan lagi akan dilaksanakan pemotongan tumpeng mengingat Jurusan Syari’ah telah berusia empat belas tahun. Kegiatan seminar ini tidak dikenakan biaya sedikitpun bagi mahasiswa Syari’ah maupun kawan-kawan KBM STAIN Pontianak.


No comments:

Post a Comment