Wednesday 30 March 2011

Muswil Pemuda Muhammadiyah X


MUSWIL
Ketua PP Pemuda Muhammadiyah,
Dr. Shaleh Partaunan Daulay  saat 
memberikan sambutan di acara pembukaan 
Muswil Pemuda Muhammadiyah X 
Kalbar di Hotel Mercure Pontianak,
Sabtu (26/2) kemarin sore. FOTO: Subbag STAIN
Muswil Pemuda Muhammadiyah X
Tingkatkan Perjuangan Dakwah
Oleh Ubay KPI

Pontianak – Pemuda Muhammadiyah Kalimantan Barat melaksanakan musyawarah wilayah ke-10 di Hotel Mercure Pontianak, 26-27 Februari 2011.
Acara pembukaan Muswil Pemuda Muhammadiyah X dilaksanakan siang kemarin. Sejumlah tokoh-tokoh Muhammadiyah Kalbar seperti Hamka Siregar, AR Muzammil  dan lainnya ikut hadir. Turut hadir pula Ketua PP. Pemuda Muhammadiyah serta pelajar-pelajar Muhammadiyah yang ada di Kota Pontianak.
Musyawarah wilayah yang sekaligus akan dirangkai dengan pemilihan ketua baru Pemuda Muhammadiyah Kalbar ini pada pembukaan kemarin tidak dihadiri oleh Ketua PW. Muhammadiyah Kalbar, Ahmad Jais.
Ketidakhadiran tersebut dikarenakan yang bersangkutan sedang berada di Kapuas Hulu dalam acara Musda Muhammadiyah Kabupaten Kapuas Hulu.
Ketua PP. Pemuda Muhammadiyah, Dr. Shaleh Partaunan Daulay dalam sambutannya pada acara pembukaan kemarin mengatakan dalam Muswil Pemuda Muhammadiyah X Kalimantan Barat diharapkan mampu ada perubahan khususnya dalam perjuangan dakwah yang telah menjadi program utama PP. Pemuda Muhammadiyah.
Begitu juga, Pemuda Muhammadiyah Kalbar harus bisa lebih baik dalam mengayomi masyarakat, bukan hanya perjuangan dalam kebaikan namun juga mencegah pada hal kemungkaran.
“Jadi, dalam Muswil ini harus mendiskusikan dan merancang pola gerakan dakwah. Pemuda Muhamamdiyah Kalbar harus menunjukkan kepada masyarakat Kalbar bahwa bisa memberikan sumbangsih lebih banyak terhadap masyarakat. Meskipun dalam saat ini Muhammadiyah telah banyak memberikan hal itu. Kita jangan puas dengan apa yang telah diberikan. Muhammadiyah adalah organisasi terbesar di Indonesia!,” ujarnya.
Sedangkan Sekretaris PW Muhammadiyah Kalbar, Ihsanudin, M. Hum yang mewakili Ketua PW Muhammadiyah Kalbar, menyampaikan Muhammadiyah adalah organisasi besar, dan telah 72 tahun memberikan sumbangsih pada negeri ini. “Merindukan Amien Rais muda, Din Syamsudin muda yang nantinya akan melanjutkan tongkat estafet Muhammadiyah,” ujarnya dalam sambutan sebelum membuka Muswil Pemuda Muhammadiyah X Kalbar.
Ketua PW Pemuda Muhammadiyah Kalbar, Wasilun juga menyampaikan, Pemuda Muhammadiyah akan berjalan sesuai dengan hittah Muhammadiyah yakni sebagai oragnisasi dakwah. Pemuda Muhammadiyah harus lebih peka terhadap persoalan yang ada saat ini di Kalimantan Barat. Pemuda Muhammadiyah harus bisa mensucikan mereka yang berjalan pada arah yang salah.
Gubernur Kalbar yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia dalam sambutannya menyampaikan sangat diharapkan Pemuda Muhamammadiyah mampu mengenali daerahnya sendiri untuk melakukan perubahan pada hal positif. Pemuda Muhammadiyah diharpakan menjadi control social serta berperan aktif sebagai komikator organisasi. Dan mengawal generasi muda saat ini mewujudkan cita-cita.
Ketua Panitia Muswil Pemuda Muhammadiyah X Kalimantan Barat, Ahmad Mufakhir saat ditemui usai pembukaan kemarin menjelaskan pada malam tadi akan dilaksanakan laporan pertanggungjawaban pengurus yang akan didimisioner serta tanggapan cabang Pemuda Muhammadiyah se-Kalbar. Juga akan membahas mengenai tata tertib pemilihan yang akan dilaksanakan hari ini.
Ahmad Mufakhir menerangkan, ada 11 nama yang diusulkan menjadi calon ketua umum PW Pemuda Muhamamdiyah Kalbar, dan sebelas nama tersebut masih diajukan ke PW Muhammadiyah untuk diseleksi siapa saja yang layak masuk dalam pemilihan ketua umum. “Nanti (sore kemarin) akan dibahas, dan hasilnya nanti akan dikembalikan kepada panitia, sekaligus juga nanti akan membentuk tim formatur,” jelas Ahmad Mufakhir.
Ahmad Mufakhir juga menjelaskan,  sebanyak 64 suara nantinya yang akan memberikan suaranya yang berasal dari 14 kabupaten/kora se-Kalbar yang memiliki empat suara masing-masing cabang, 11 suara dari PW Pemuda Muhammadiyah, dan 1 suara dari PP Pemuda Muhammadiyah.

No comments:

Post a Comment