Friday 1 April 2011

Renovasi Pasar Kemuning Dalam Proses

Edi Rusdi Kamtono
Pasar Kemuning
Renovasi Pasar Kemuning Dalam Proses
Oleh Ubay KPI

Pontianak – Rencana renovasi Pasar Kemuning yang merupakan program Pemerintah Kota Pontianak pada tahun ini masih dalam tahap proses.
Pasalnya, pasar tradisional yang memiliki luas kurang lebih 2000 meter persegi tersebut selain adanya penolakan dari pedagang pasar, pihak terkait juga masih melakukan pendataan.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono kepada wartawan di kantor Walikota Pontianak siang kemarin mengatakan pembangunan Pasar Kemuning tetap akan dilakukan tahun ini dengan bangunan dua lantai.
“Pembangunan tetap tahun ini. Disperindag masih melakukan pendataan pedagang yang ada di pasar tersebut,” ujarnya.
Edi menambahkan, pedagang yang resmi dan masuk dalam catatan Disperindag Kota Pontianak hanya ada 91 pedagang, sedangkan lainnya yang ada di emperan Pasar Kemuning tidak masuk dalam data Disperindag.
Setelah terdata semuanya menurut Edi, PU bersama Disperindag Kota Pontianak serta unsur lainnya akan membahas bersama bagaimana langkah baiknya. “Kita tetap merencanakan dua lantai, lantai dasar untuk pedagang basah, dan lantai dua untuk pedagang kering. Kalau jadi maka Pasar kemuning pasti akan tertata rapi tak terkesan kumuh”.
“Pasar Kemuning tetap akan ditata ulang, termasuk pedagang di sekelilingnya. Untuk lokasi parkir tetap berada di depan sebab lahannya sangat terbatas,” tambahnya.
Terkait rencana pemindahan terminal angkutan umum yang sedianya akan dipindahkan ke Harapan Jaya, menurut Edi Kamtono masih terkendala dan prosesnya belum maksimal.

No comments:

Post a Comment