Wednesday 20 April 2011

Akil: FPTI Cabang Olahraga dan Pariwisata

Porprov. Salah satu atlet Kalimantan Barat saat mengikuti cabang lomba panjat tebing pada Porprov X Juli tahun lalu. Krisisnya prestasi putri menjadi PR bagi FPTI Kalbar. FOTO: Ubay KPI

Akil: FPTI Cabang Olahraga dan Pariwisata
Oleh Ubay KPI
Pontianak – Olahraga panjat tebing yang dinaungi Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI Kalimantan Barat dikatakan oleh Ketua terpilih Musda III FPTI Kalbar beberapa waktu lalu merupakan suatu cabang oalahraga dan pariwisata. Dengan itu, FPTI jauh dari kesan keramaian dan otomatis jauh dari unsur politisi.
“FPTI atau panjat tebing kan memang sangat jarang dilakukan banyak orang, sebab bukan olahraga rakyat. Panjat tebing ini awalnya ‘kan olahraga orang yang suka menjelajah, namun akhirnya resmi sebagai olahraga di KONI, dan peminat untuk mengurusi olahraga ini juga sangat minim,” ujar Akil Muchtar.
Di periode kedua menjabat Ketua FPTI Kalbar, Akil mengatakan akan bekerja semaksimal mungkin meski banyak sekali kesibukan, ia membutuhkan partner yang mengerti betul dengan panjat tebing dan keorganisasian. Sampai dengan saat ini, FPTI Kalbar hanya memiliki Ketua dan tim formatur.
Ferry Judo Butar Butar mantan pengurus periode lalu sore kemarin, ia mengatakan sampai dengan saat kepengurusan baru masih belum terbentuk. Hal itu menurut menurut Ferry akan dimaklumi oleh insan panjat tebing, sebab terpilihnya ketua baru belum satu minggu.
Sebagai mantan Binpres FPTI Kalbar, Ferry mengatakan prestasi terakhir panjat tebing Kalbar pada tahun terakhir tidak terlalu buruk, sebab Kalbar memiliki atlet yang menempati posisi 4 nasional di bolder perorangan putra sesuai dengan hasil Kejurnas Desember 2010 lalu.
Dikatakan oleh Ferry, kalbar Pada Pra PON nanti juga memiliki peluang di lead perorangan putra. Sedangkan untuk putri, diakui oleh Ferry bersama Akil cukup sulit untuk bersaing dengan daerah lain di Indonesia.
“Untuk putri kita memang miskin, saya rasa bukan hanya FPTI, tapi cabang lain di Kalbar kemungkinan sama,” kata Akil
Dikatakan oleh Ferry, FPTI akan melaksanakan Kejurda sekitar bulan Maret mendatang yang akan dilaksanakan di Kabupaten Bengkayang.

No comments:

Post a Comment