Saturday 2 April 2011

Keberhasilan Dicapai Melalui Program Pengembangan


Tropi penghargaan prestasi yang diraih SMPN 3 Pontianak dikoleksi di ruang depan sekolah. FOTO: Ubay KPI

Keberhasilan Dicapai Melalui Program Pengembangan
Oleh Ubay KPI

Pontianak -  Keberhasilan SMPN 3 Pontianak dalam mencetak siswa yang berprestasi di berbagai bidang, bukan hanya berpasrah pada kegiatan kurikulum sekolah semata. Keberhasilan diperoleh melalui usaha di antaranya melaksanakan program penunjang pembelajaran seperti pengembangan mata pelajaran dan ekskul.
Program pengembangan yang sampai saat ini dilakukan dan mampu membawa siswa go tingkat nasional ialah pengembangan pelajaran IPS yang dibimbing langsung oleh Ibu Nurhamla, S.Pd. Pengembangan pelajaran ini sudah ada bukti keberhasilan, begitu juga dengan pengembangan lainnya seperti bahasa Inggris, kesenian, karya ilmiah, da Paskibra.
Prestasi di bidang ini telah mengahrumkan nama SMPN 3 Pontianak. Sehingga tak jarang lulusan SMPN 3 Pontianak menjadi incaran sejumlah sekolah SMA.
Begitu juga dengan olahraga, seperti: sepak takraw, sepak bola, bola voli,  basket, pimpong juga selalu memberikan buah manis dalam setiap turnamen. Selain itu, PMR SMPN 3 Pontianak juga mampu mengharumkan sekolah.
Kader terbaik SMPN 3 Pontianak juga pernah mempresentasikan tentang penanaman lidah buaya, perawatan ikan arwana dan titik kulminasi matahari di hadapan pelajar dan guru se-Indonesia. Hasilnya siswa SMPN 3 Pontianak menyandang terbaik ketiga nasional.
Kepala Sekolah SMPN 3 Pontianak, Dra. Ruslina, M. Pd saat ditemui di ruangannya pagi kemarin mengatakan hal tersebut merupakan suatu wujud keseriusan sekolah dalam menciptakan kader anak bangsa yang memiliki kualitas tinggi serta punya kompetensi yang mampu bersaing. Keberhasilan demi keberhasilan yang ditorehkan siswa menurut Kepala Sekolah adalah berkat kerjasama semua pihak, baik siswa, guru, pembimbing, dan sekolah.
Salah satu pembimbing yang ditemui pagi kemarin, Nurhamla, S. Pd, mengatakan keberhasilan yang ditorehkan siswa SMPN 3 Pontianak bukan semata-mata untuk lingkungan sekolah saja, namun adalah untuk seluruh masyarakat Kota Pontianak khususnya, dan Kalbar pada umumnya.
Pembimbing pengembangan pelajaran IPS ini menambahkan pembinaan yang dilakukan adalah dengan terus menekuni program yang sudah disusun dan melakukan evaluasi kegiatan. Hal itu merupakan kunci sukses dari keberhasilan yang dicapai SMPN 3 Pontianak.
Tidak hanya bidang olahraga, ilmiah, kesenian, keorganisasian, dan pendidikan saja, SMPN 3 Pontianak juga sangat memperhatikan nilai-nilai agama, moral dan kecintaan terhadap social masyarakat. Di bidang agama SMPN 3 Pontianak juga punya komitmen mencipta kader yang bertaqwa dan beriman, bermoral terhadap sesama, serta pengabdian masyarakat. 

No comments:

Post a Comment