Saturday 2 April 2011

Malam Ini, Munas V Gakeslab Dibuka Menkes RI


Malam Ini, Munas V Gakeslab Dibuka Menkes RI 
Oleh Hairul Mikrad

PONTIANAK-Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Dr. Endang Rahayu Sedyaningsiht,MPH,Dr..PH, Rabu (19/1) malam ini dijadwalkan membuka Musyawarah Nasional (Munas) V Gabungan Pengusaha Alat Kesehatan dan Laboratorium (Gakeslab) RI di Hotel Kapuas Palace.
Gubernur Kalbar, Drs Cornelis, MH juga akan menyampaikan pidatonya di hadapan seratus lebih peserta yang hadir dari seluruh Indonesia. Munas ini sendiri akan berlangsung 19-20 Januari 2010.
“Kalbar siap menyelenggarakan dan menyukseskan Munas ini. 31 pengurus Gakeslab seluruh Indonesia sudah memastikan hadir. Ada sekitar 150 peserta,” jelas Ketua Gakeslab Kalbar, Zulkarnaen Yasin ditemui sore kemarin.
Ketua Pelaksana Daerah, H Ali Reza Haddad menguraikan Munas ini beragendakan pembahasan perubahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, penyusunan program kerja, pemilihan ketua periode 2011-2015 serta pertanggungjawaban kepengurusan periode sebelumnya yang dipimpin Ahmad Ruhiyat.
“Semua persiapan sudah final tinggal hari pelaksanaan saja. Seluruh peserta sudah mengkonfirmasi kehadiran mereka . Kita agendakan Menkes RI yang akan membuka Munas ini. Pada kesempatan tersebut juga Gubernur Kalbar akan menyampaikan sambutan kepada seluruh pengusaha alat kesehatan dan laboratorium,” jelas Reza.
Pada Munas ini juga, ungkap Reza akan hadir Dirjen Bina Farmasi, Dirjen Bina Pelayanan Medis, Direktur Produksi dan Distribusi  Alat Kesehatan serta Direktur P2ML Kemenkes RI. “Pada pembukaan, kita juga akan menampilkan tarian khas Kalimantanm Barat  selain itu juga di acara terakhir Munas akan digelar City Tour. Peserta akan dibawa keliling melihat-melihat Tuga Khatulistiwa, budaya, keindahan, produk kerajinan, kuliner dan keindahan Kota Pontianak serta kunjungan ke kediaman Walikota Pontianak. Ini sebagai wujud mendukung pariwisata Kalbar,” papar Reza.
Dalam Munas ini, urai Reza juga akan disosialisasikan Permenkes RI yang terbaru Nomor 1191/Menkes-Per/VIII/2010  tentang distribusi alat kesehatan. “Kita juga mengundang Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Pusat. Ini akan sharing mengenai Perpres RI Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah,” urainya.
Menurut Reza, dengan keluarnya Perpres 54 ini akan membuat iklim pengadaan barang/jasa pemerintah terutama alat kesehatan dan laboratorium lebih baik, efisien, terbuka dan kompetitif,. “Kami sudah siap terutama teknologi informasinya dan di Kalbar sendiri ada 80 pengusaha yang tergabung dalam Gakeslab,” ucapnya. 

No comments:

Post a Comment