Sunday 24 April 2011

Profesionalitas Modal Pendidikan Indonesia

Profesionalitas Modal Pendidikan Indonesia
Oleh Ubay KPI

“Tidak bisa maju pendidikan Indonesia tanpa profesional yang tinggi seorang pendidik dalam mewujudkan mencerdaskan generasi muda Indonesia. Pendidikan tidak bisa hanya bermodalkan keinginan seperti yang telah banyak terjadi”.
Itulah yang disampaikan Prof. Dr. Azyumardi Azra, M. Pd, pakar pendidikan Indonesia usai memberikan kuliah perdana pasca sarjana Pendidikan Agama Islam STAIN Pontianak, Senin (18/4) siang kemarin.
Prof. Dr. Azyumardi Azra, M. Pd juga menegaskan, mendirikan sebuah pendidikan saat ini tidak bisa hanya bermodal semangat dakwah, namun profesionalnya juga harus diperhatikan. Seperti halnya banyak madrasah yang tenaga pengajarnya yang tak sesuai dengan bidangnya. “Kualitas pendidik harus diperhatikan, kemampuannya juga harus ditingkatkan. Sebab banyak guru yang mengajar tidak sesuai dengan bidangnya,” ujarnya.
Terhadap program pemerintah  yang melaksanakan kualifikasi guru, Prof. Dr. Azyumardi Azra, M. Pd mengatakan sangat baik untuk kompetensi guru. “Itu memang suatu pilihan, apalagi mereka yang sudah PNS. Sekarang bagaimana guru fokus pada bidangnya, tidak asal ngajar. Karena dampaknya ialah pada keberhasilan anak didik”.
Dikonfirmasi mengenai kesediannya mengajar salah satu mata kuliah pada pasca sarjana Pendidikan Agama Islam STAIN Pontianak, Prof. Dr. Azyumardi Azra, M.Pd menegaskan dirinya telah siap dan bersedia mengampu mata kuliah Kajian Islam Komprehensif. 

No comments:

Post a Comment