Saturday 2 April 2011

SMPN 3 Pontianak Borong Juara

Final LCT IPS Khatulitiwa III se-Kalbar di tempati peserta asal SMPN 3 Pontianak. FOTO: Ubay KPI
SMPN 3 Pontianak Borong Juara
Oleh Ubay KPI
PONTIANAK – Pelajar Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Pontianak yang turun dengan tiga regu pada  Lomba Cepat Tepat (LCT) Khatulistiwa III yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Untan Pontianak di Gedung Gopu Untan pagi kemarin, sukses memborong semua juara di kelompok SMP.
Keberhasilan tersebut setelah melalui beberapa babak yang harus dilewati oleh semua regu. Ketiga regu tersebut pada babak penyisihan berhasil menyingkirkan lawannya untuk masuk ke babak semifinal. Di babak semifinal, ketiga regu tersebut bertemu kembali ditambah regu dari SMPN 7 Pontianak yang akhirnya tersingkir di babak semifinal.
Sukses di babak semifinal untuk semua regu SMPN 3 Pontianak yang beralamatkan di Jalan Kalimantan ini kembali mempertemukan mereka di babak final. Alhasil, di babak semifinal sebelumnya regu yang dijurubicarai oleh Reza mampu menjadi yang tertinggi, namun setelah di babak final, Reza yang berada di regu A tenggelam dengan selisih poin yang amat jauh dengan peringkat ketiga di babak semifinal yakni regu C yang akhirnya menjadi juara pertama.
Babak final ditutup dengan skor 1400 untuk regu C, 1400 untuk regu B, dan 900 untuk regu A. hasil tersebut diraih peserta dari 20 soal pertanyan IPS yang diajukan oleh panitia.
Guru Pembimbing IPS SMPN 3 Pontianak, Nurhamnah saat ditemui usai final LCR Khatulistiwa pagi kemarin menuturkan sangat senang sekali, karena anak-anak SMPN 3 Pontianak mampu menjuarai LCT tahun ini ditambah semua juara diborong sekolah tersebut. “Kami memang tingkat IPS, tahun lalu sudah diadakan olimpiade, bahkan ada siswa kami yang sudah olimpiade ke tingkat nasional. Yakni Laras,” ucap Nurhamnah
Dengan menjuarai LCT tahun ini, Nurhamnah mengharap siswa lebih semangat dan giat untuk belajar. “Dari sekolah kami setiap Sabtu ada pengembangan diri untuk mata pelajaran IPS, anak-anak ini yang kita bina,” Ujarnya.
“Saya cukup puas dengan kemenangan ini, untuk tahun depan bisa ditingkatkan lagi. Sekarang  saya kelas 7. Tadi semifinal mungkin kurang fokus atau bleng. Mungkin agak ragu dan kurang percaya diri. Soal-soal sesuai dengan pelajaran di sekolah,” kata M. Reza, siswa SMPN 3 Pontianak yang meraih juara 3.
Begitu juga yang ungkapkan oleh peraih juara pertama, Siti mengungkapkan cukup puas dan bangga soalnya juara satu, dua, dan tiga diraih siswa MPN 3 Pontianak. “Saya bangga dengan sekolah SMP 3 dan saya senang sekolah di SMP Negeri 3,” ujar Siti.

No comments:

Post a Comment