Monday 2 May 2011

LAA Komitmen Lestarikan Budaya

LAA Komitmen Lestarikan Budaya
Oleh Ubay KPI

Lembaga Adeb Asor (LAA) Kalbar sebagai lembaga sosial menyatakan berkomitmen melestarikan budaya sebagai program utama dalam pergerakannya.
Sesuai dengan namanya, Adeb Asor yang ditukil dari bahasa Madura yang maksudnya lemah lembut adalah sebuah lembaga pelstarian budaya Madura. Lembaga itu secara resmi terbentuk dengan melakukan dekalarasi dan pelantikan secara terbuka di Sungai Ambawang, Minggu (1/4) malam kemarin.
Kehadirannya berkomitmen melestarikan budaya Madura di Kalbar sebagai langkah menciptakan keselarasan antara etnis serta mempertahankan kekayaan budaya Indonesia.
Program pertama LAA dalam waktu dekat membentuk kepengurusan di kabupaten/kota dengan tujuan mensolidkan organisasi dalam melaksanakan program lainnya.
Tujuan lain, memasyarakatkan budaya Madura yang pada akhirnya nantinya bukan hanya untuk masyarakat Madura saja, namun juga untuk diketahui seluruh etnis yang ada di Kalbar, sehingga terwujudkan kedamaian dengan mengetahui budaya masing-masing etnis.
“Tujuan utama kita adalah pelestarian budaya, dan kita berharap dengan pelestarian budaya dan memperkenalkannya mampu tercipta keakuran,” ujarnya.
Acara pelantikan Minggu malam lalu, kepengurusan dikukuhkan oleh Syueb MS, selaku penasehat. Turut hadir pula dari Pemprov Kalbar, diwakili Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Rafiun, dan orasi ilmiah disampaikan oleh Dr. Syarif, M. Ag. Turut hadir pula Ketua Umum HIMMA Kalbar, Midin, dan Sekjen IKBM Kalbar, Nagian, S. Sos.

No comments:

Post a Comment