Friday 27 May 2011

Membangun Integritas dan Anti Korupsi di Perguruan Tinggi

Tiga narasumber, dari kanan Witarsa, Kevin Evans, Rahmatullah Rizieq, dan Purwanto sebagai moderator. FOTO: Ubay KPI

Membangun Integritas dan Anti Korupsi di Perguruan Tinggi
 
Ubay KPI
 
Universitas Panca Bhakti Pontianak bekerjasama dengan Tiri Indonesian Integrity Network (I-IEN) melaksanakan seminar sehari yang bertemakan Implementasi Pendidikan Integritas dan Anti Korupsi di Perguruan Tinggi di Rektorat UPB Pontianak, Kamis (26/5) kemarin.
Seminar disampaikan oleh tiga pemateri yakni Rektor UPB Pontianak, Rahmatullah Rizieq yakni materi integrasi muatan pendidikan integritas anti korupsi di perguruan tinggi, Kevin Evans dari Tiri, menyampaikan materi kendala dan solusi dalam aplikasi kurikulum integritas dan anti korupsi di perguruan tinggi, dan Witarsa dari Untan Pontianak menyampaikan materi transformasi nilai muralitas dan kejujuran sebagai basis melawan korupsi.
Rektor UPB Pontianak, Rahmatullah Rizieq kepada wartawan kemarin menyampaikan korupsi saat ini sudah mulai mewabah dan perguruan tinggi harus lebih pro aktif dalam membangun integritas lulusannya. “UPB sendiri sudah akan memulai beberapa mata kuliah yang mengarah pada penjagaan terhadap kasus korupsi untuk menanamkan lulusan yang betul-betul bisa melawan sikap tersebut. Dan menjaga suatu ruang lingkup dari wabah itu dimana pun mereka nantinya berada,” ujarnya.
Sedangkan dari Tiri, Kevin Evans juga menyampaikan, kasus korupsi bukanlah suatu budaya di Negara Indonesia, akan tetapi minimnya kesadaran pelaku untuk tidak melakukan. Selain itu, perlunya penanaman integritas diri. “Kalau korupsi dikatakan sudah membudaya itu sangat tidak benar, sebab itu hanya dilakukan oleh beberapa orang saja. Mereka bukannya tidak tahu akan hal itu. Termasuk juga penanaman integritas bukan hanya diperlukan oleh mahasiswa namun juga harus juga dalam tubuh kepegawaian,” ujarnya.
Ketua Pelaksana Kegiatan, Purwanto dikonfirmasi kemarin menyatakan, acara juga akan dilanjutkan dengan integrasi kurikulum atau bahan ajar anti korupsi yang akan menghadirkan beberapa perwakilan anggota Tiri region Kalimantan yang akan dilaksanakan hari ini.

No comments:

Post a Comment