Sunday 8 May 2011

Percepat TC Pelatda Pra PON

Percepat TC Pelatda Pra PON
Oleh Ubay KPI

Memasuki tahun 2011, organisasi olahraga di seluruh Indonesia dihadapkan dengan even akbar pintu gerbang menuju PON 2012 di Riau. KONI Kalimantan Barat usai melakukan rapat koordinasi akhir tahun 2010 lalu, mempercepat TC Pelatda Pra PON untuk semua cabang olahraga.
Dikatakan oleh Binpres KONI Kalbar, Erwin Anwar saat dihubungi sore kemarin, meski jadwal Pra PON untuk masing-masing cabang masih abu-abu (tak jelas), KONI Kalbar pada pertengahan bulan Januari akan memulai TC Pelatda secara simbolis. Pelaksanaan TC secara simbolis tersebut dijelaskan oleh Erwin Anwar dikarenakan setiap cabang lomba masih belum jelas kapan pelaksanaannya, bahkan menurutnya pelaksanaan Pra PON ada juga yang dilaksanakan tahun 2012.
“Yang pastinya, TC Pelatda dilaksanakan selama enam bulan seluruh cabang lomba sebelum pelaksanaan Pra PON,” ujarnya.
Waktu enam bulan training center tersebut dijelaskan Erwin Anwar, dua bulan training dilaksanakan oleh Pengcab masing-masing cabang olahraga di setiap kabupaten/kota, dan empat bulan dilaksanakan oleh KONI bersama Pengprov cabang olahraga.
Dua bulan pertama seluruh atlet berlatih untuk peningkatan intensitas pelatihan di daerah masing-masing, enam minggu kemudian latihan di bawah binaan KONI dan Pengprov, empat minggu setelahnya memasuki latihan pra kompetisi, dan enam minggu kemudian latihan persiapan kompetisi.
Selama pelaksanaan TC di Pengcab kabupaten/kota, Erwin mengatakan pembiayaan di luar tanggung jawab KONI Kalbar, sedangkan memasuki latihan empat bulan menjelang Pra PON, seluruh kebutuhan atlet ditanggung Pemprov dan KONI Kalbar.
Dengan persiapan yang matang tersebut, Binpres KONI Kalbar berharap atlet mampu memberikan yang terbaik, dan langkah pertama yakni lolos dari Pra PON sebelum bertanding di PON XVII di Riau.

No comments:

Post a Comment