Saturday 14 May 2011

Politeknik Kesehatan Kemenkes Pontianak Terima Mahasiswa Baru

Politeknik Kesehatan Kemenkes Pontianak Terima Mahasiswa Baru
Buka Tiga Jalur Pendaftaran
Oleh Ubay KPI

Politeknik Kesehatan Depkes Pontianak yang berdiri berdasarkan SK Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial RI Nomor: 298/Menkes-Kesos/SK/IV/2001 dengan program D-III dan D-IV dari enam jurusan yakni Kesehatan Lingkungan, Gizi, Kesehatan Gigi, Analis Kesehatan, Kebidanan, dan Keperawatan, serta Diploma IV (Sarjana Sain terapan) menyambut tahun akademik 2011/2012 membuka penerimaan mahasiswa baru sejak 9 Mei-17 Juni 2011.
Poltekkes Kemenkes Pontianak memiliki visi menjadi institusi pendidikan yang bermutu dan mampu bersaing dengan tingkat regional pada tahun 2015 dan misi meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan, meningkatkan kualitas lulusan, mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri dalam rangka peningkatan penyerapan lulusan, meningkatkan kualitas dosen sehingga memenuhi standar regional.
Dalam penerimaan mahasiswa baru ini, Poltekkes Kemenkes Pontianak menyiapkan tiga jalur pendaftaran yakni jalur PMDP, Reguler, dan Gakin (Keluarga Miskin). Pudir III Poltekkes Kemenkes Pontianak yang juga Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (Sipemaru), Aspian, S. Kep. NS, M. Kes saat ditemui di ruang kerjanya siang kemarin menyatakan tiga jalur tersebut bisa digunakan oleh calon mahasiswa. Untuk PNDP akan melihat nilai terbaik siswa sesuai raport yang pendaftarannya dibuka sejak Maret hingga 25 Mei 2011, untuk Reguler sejak 9 Mei-17 Juli, dan khusus Gakin persyaratannya lebih banyak karena harus melampirkan surat asli mulai dari tingkat RT hingga kecamatan yang menerangkan calon mahasiswa tersebut betul-betul kurag mampu.
“PNDP memang kita pertamakan, missal tidak lolos di jalur tersebut bisa ikut dijalur regular yang tenggang waktunya cukup jauh, sebab PMDP akan diumumkan pada tanggal 4 Juni nanti. Sedangkan untuk Gakin ini program nasional dan mereka selama kuliah gratis,” ujarnya.
Pendaftaran dibuka sejak Senin-Jumat di aula Politeknik Kemenkes Pontianak segala keterangan mengenai informasi bisa didapat di tempat pendaftaran. Selain itu, pendaftaran juga bisa dilakukan di kampus keperawatan di Singkawang yang merupakan cabang dari Politeknis Kemenkes Pontianak. “Di Singkawang bukan hanya untuk mendaftar jurusan keperawatan saja, namun jurusan lain juga bisa mendaftar di sana, hanya ujian tesnya saja nanti akan dilaksanakan di Pontianak,” terang Aspian.
Poltekkes Pontianak juga menerima pendaftaran untuk kuliah di Politeknik Kemenkes luar Kalimantan Barat yang jurusannya tidak ada di Politeknik Pontianak dan pelaksanaan ujian tes juga dilaksanakan di Pontianak. “Ini adalah program lintas regional yang memang seluruh Politeknik bekerjasama. Dan ini sangat memudahkan siswa yang ingin mengambil jurusan lain yang tak ada di Pontianak,” ungkapnya.
Sebagai perguruan tinggi yang lulusannya langsung akan beriteraksi dengan lingkungan social sesuai masing-masing jurusan, Aspian menegaskan Politeknik betul-betul ingin membentuk mahasiswa yang terampil dan penuh kompetensi. Keseriusan itu dibuktikan dengan pengampu mata kuliah yang memang ahli di bidangnya. Serta membatasi penerimaan mahasiswa. “Kita cuma menerima 300 mahasiswa dari enam jurusan, selain sudah menjadi aturan dari pemerintah, juga dengan batasan tersebut kita lebih bisa membina lebih maksimal. Sehingga lulusan kita betul-betul baik,” ujarnya.
Juga, mengenai biaya pendaftaran serta semester, Politeknik Pontianak lebih terjangkau. Sebab semuanya dalam peraturan pemerintah. “Jadi kita memang menjalankan yang telah diatur, bahkan administrasi mahasiswa saja kita langsung bekerjasama dengan pihak bank yang nantinya akan langsung mengirim ke pusat,” ujarnya.
Untuk mendukung kompetensi mahasiswa, Politeknik Kemenkes Pontianak juga menyiapkan beberapa pendukung seperti lab. Bahasa, klinik terpadu, perpustakaan, laboratorium semua jurusan, sarana transpotasi, serta wifi.
Lebih jelasnya mengenai seleksi penerimaan mahasiswa baru Politeknik Pontianak bisa datang langsung ke kampus Politeknik Kemenkes Pontianak Jalan 28 Oktober Pontianak Utara atau mengakses di www.poltekkes-pontianak.ac.id, atau di email poltekkes_pontianak@yahoo.com.

No comments:

Post a Comment