Saturday 7 May 2011

Poltekkes Terjunkan Mahasiswa ke 50 Dusun

Poltekkes Terjunkan Mahasiswa ke 50 Dusun
Oleh Ubay KPI

Mewujudkan kesehatan masyarakat dan aplikasi ke masyarakat, Poltekkes Pontianakmengirimkan mahasiswanya ke 50 dusun yang terletak di Kecamatan Sungai Ambawang dalam bentuk Kuliah Kerja Lapangan (KKL ) tahun 2011.
KKL merupakan tahapan menjelang akhir perkuliahan sebagai syarat untuk mendapatkan gelar sesuai jurusannya diikuti oleh sebanyak 470 mahasiswa dari enam jurusan yakni Jurusan Gizi, Kesehatan Lingkungan, Gigi, Analis Kesehatan, Keperawatan, dan Kebidanan.
Kabid Litbang Poltekkes Pontianak, Malik Saepudin, SKM. M, Kes saat ditemui diruangannya pagi kemarin menuturkan kegiatan KKL dilaksanakan kurang lebih 10 hari, 14-23 April 2011. Dipilihnya daerah Kubu Raya karena sudah MoU dengan pihak Pemkab Kubu Raya yang sudah berlangsung selama tiga tahun.
“Kita memang sudah ada payung hukum dalam pelaksanaan ini, kita melakukan kerjasama dengan dinas terkait. Dan intinya bagaimana mahasiswa mampu mengaplikasikan apa yang didapat diperkuliahan dan mampu membantu kesehatan warga. Sehingga keberadaan Poltekkes betul-betul menjadi wadah yang memiliki sumber daya dalam kesehatan,” ujar Malik Saepudin.
Dijelaskan oleh Saepudin, kegiatan KKL tidak hanya sebatas mahasiswa turun ke lapangan, namun setelah kegiatan ini Poltekkes juga memanggil pihak pemerintah dalam hal ini di Kecamatan Sungai Ambawang untuk mengevaluasi kembali mulai tingkat dusun, desa, dan kecamatan, serta dinas kesehatan.
Dijelaskan pula, 10 desa dan 50 dusun yang menjadi tempat KKN juga didampingi oleh 50 pembimbing dari dosen dan 10 supervisor. “Tujuan kita memang memantau membantu warga mengatasi permasalahan kesehatan di lingkungannya. Jadi kita tidak membiarkan hanya mahasiswa saja, namun dosen atau pembimbing juga ikut berperan mengarahkan,” tutur Malik Saepudin.
Kepala Desa Mega Timur, Sahir Mannani saat dihubungi sore kemarin sangat menyambut baik dan memberikan pencerahan kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan. Selain itu, dengan adanya KKL di wilayahnya juga memotivasi generasi muda lainnya untuk ikut serta masuk di dibidang ini yang manfaatnya nanti akan kembali kepada masyarakat juga.
“Lingkungan kami memang sedikit minim generasi mudanya yang ada di jurusan ini, satu hal yang bisa dicermin ialah bagaimana generasi muda Mega Timur bisa menjaga kesehatan lingkungannya dengan ikut bergabung di Poltekkes Pontianak sebagai mahasiswa,” kata Sahir Mannani.

No comments:

Post a Comment