Saturday 13 August 2011

Chang Sese

Chang Sese
Belajar dalam OSIS
Oleh Ubay KPI
Chang Sese atau biasa dipanggil Sese adalah Ketua Osis SMA Santo Paulus Pontianak periode 2010/2011 sejak sejak dilantiknya pada tanggal tanggal 28 Oktober lalu. Siswi yang merupakan sukses sebab jarang sekali pelajar putri menjaid pemimpin, meskipun ada itu sangat langka apalagi di sekolah sebesar SMA Santo Paulus Pontianak.
Sebuah jabatan yang tidak terlalu tinggi namun sangat penting dalam lingkungan sekolah selain MPK atau Majlis Permusyawaratan Kelas. Kepercayaan yang diembannya bagi Sese adalah suatu tanggung jawab bagaimana menjadikan perantara siswa dengan guru. Sebagai bagian fungsi OSIS ialah menyampaikan dan mendektakan siswa dengan guru atau menyampaikan apresiasi siswa terhadap guru.
Jiwa kepemimpinanya sangat patut dicontoh, terutama dengan perayaan hari guru yang dilaksanakan dalam kepimpinanya. SMA Santo Paulus sejak tahun 2010 akan menjadikan hari guru sebagai program OSIS dan akan dilaksanakan setiap tanggal 25 November.
Selain tugas penting tersebut dengan menjadi mediator dan pelaksana program, Sese juga mengutarakan dengan Organisasi Intra Sekolah, siswa dalam belajar kreatif dan bisa lebih berkreasi. Kreatif untuk menjadi modal memasuki dunia remaja dan berkreasi untuk lebih berprestasi dan menimba banyak pengalaman.
“Dalam OSIS banyak diajarkan tentang kepemimpinan, kebersamaan, jadi sifat-sifat itu bisa tertanam ketika berada dalam lingkungan masyarakat. Itu menjadi modal untuk selanjutnya,” ujar Sese.
Bangun Kepribadian
Selain untuk kepentingan sekolah dan siswa, OSIS bagi Sese juga untuk membangun diri pribadi yang kuat dan tangguh menghadapi tantangan dunia ke depan. Berbagai ilmu dan pengalaman terus ia pelajari untuk diri.
Ia sangat yakin dan percaya, bahwa tanggung jawab bukan hanya menjadi beban bagi sosok pria, terutama dalam keluarga nantinya. Ibu juga punya peran sentral dalam kepemimpinan keluarga, namun bukan berarti sepenuhnya kepemimpinan ada di tangan perempuan dengan mengesampingkan laki-laki, setidaknya wanita juga menjadi pendukung dalam kehidupan keluarga membantu laki-laki.
Soal remaja, Sese mengatakan selain peran penting diri sendiri mengupayakan melakukan hal yang positif peran sekolah juga sangat perlu dalam membina remaja bertindak menjauhi hal yang negative dengan melakukan hal yang psoitif seperti kegiatan di sekolah. Dalm lingkungan guru punya peran yang aktif, yang sangat rentan remaja sekarang menurutnya ketika berada di rumah sedangkan orang tua kurang mengontrol.
“OSIS hanya menjaid perantara bagaimana hubungan baik antara siswa dan guru, guru bagimana mengarahkan siswa pada hal yang positif dengan pelajaran yang baik, dan orang tua kunci utama control sebab keberadaan siswa atau remaja lebih banyak di rumah atau dalam tanggung jawab orang tua,” kata Sese.
Disadari oleh Sese, yang sangat menjadi persoalan saat ini tentang kenakalan remaja dan siswa terutama adalah kesadaran. “Kesadaran memang kembali pada diri sendiri, itu tergantung pribadi seseorang, bila ia bisa melawan, maka ia akan menang akan dirinya,” kata Sese.

Nama               : Chang Sese
Tanggal lahir     : 21 Januari 1995
Alamat             : Jalan Hijaz Gang Masa No.20
Organisasi        : Ketua OSIS SMA Santo Paulus Pontianak
Pendidikan       : SD Pangudi Luhur Santo Yosef Ketapang, SMP Pengudi Luhur Santo Albertus
                         Ketapang, dan SMA Santo Paulus Pontianak
Prestasi           : Juara baca Puisi bahasa Inggris, juara II Steritoling di Sintang tingkat SMP 
                         tahun 2008
Orang tua         : Talib dan Santi

No comments:

Post a Comment