Tuesday 8 November 2011

Lagi! Pesawat Aero Kalbar Hilang

Lagi! Pesawat Aero Kalbar Hilang
Oleh Ubay KPI

Untuk kedua kalinya, setelah mengalami kehilangan pesawat pada sesi latihan di daerah Parit Mayor beberapa bulan lalu. Kembali, Pengprov Aeromodeling Kalbar kehilangan satu pesawatnya. Kali ini, pesawat yang dibeli dari Ukraina beberapa bulan lalu, hilang saat latihan di Banten bersama pelatih Aeromodeling Kalbar asal Ukraina.
Jenis pesawat yang hilang kali ini sama dengan pesawat yang hilang di Pontianak beberapa waktu lalu. Yakni jenis LDE buatan Ukraina. Untuk pesawat aeromodeling jenis ini, Pengprov Aeromoneling Kalbar memiliki empat buah. Yang semua buatan Ukraina.
Ketua Pengprov Aeromodeling Kalbar, Irwan Dirgantara, saat dihubungi via telepon seluler siang kemarin, mengatakan, sejak 29 September lalu tim Kalbar berjumlah 12 atlet bersama pelatih, Vasyl B dari Ukraina melaksanakan latihan persiapan Pra PON di Lanud Gorda Banten sampai 8 Oktober mendatang.
Dijelaskan oleh Irwan, hilangnya pesawat jenis LDE kali ini bukan karena ada kerusakan ssstem dalam pesawat. Semua ssstem berfungsi. Limit waktu empat menit berjalan. Hanya saja, saat mencapai waktu empat menit. Pesawat jatuh di luar kawasan latihan.
“Semua ssstem berfungsi, hanya saja kita kehilangan jejak jatuhnya pesawat itu. Karena keluar dari kawasan Lanud,” tuturnya.
Upaya yang dilakukan Pengprov Aeromodeling Kalbar dengan hilangnya pesawat jenis LDE seharga Rp34 juta ini, selain menanyakan kepada warga sekitar. Pengprov Aeromodeling Kalbar juga telah menyebarkan famplet.
Kini, dari empat pesawat jenis LDE yang dimiliki Kalbar, hanya menyisakan 2 pesawat. Itulah yang nantinya akan dibawa ke ajang Pra PON yang akan dilaksanakan di Riau,  20 Oktober mendatang. “Dengan alat yang terbatas ini, berharap Aeromodeling mampu menyusul terjung payung Kalbar yang telah lolos ke PON,” ungkap Irwan Dirgantara.

No comments:

Post a Comment