Tuesday 8 November 2011

Monica Andrini

Monica Andrini
Pertanyaan Moral
Oleh Ubay KPI

Korupsi membuatnya terbelalak. Prilaku dan moralitas pejabat membuatnya tak nyaman.
Itulah yang dirasakan Monica, mahasiswa Fisipol Universitas Tanjungpura Pontianak. Praktisi budaya yang aktif di Sanggar Bouginville ini bertanya-tanya, kenapa harus terjadi korupsi? Kenapa pejabat suka memakan uang rakyatnya sendiri?
Menurutnya, korupsi yang terjadi selain karena mereka punya peluang dan kedudukan, juga didukung oleh tidak bermoralnya pejabat “yang korupsi”. “Andaikan mereka bermoral dan yang mereka lihat adalah rakyat, pasti tidak akan mereka lakukan, pengabdian mereka untuk rakyat,” ujarnya.
Ayu memberikan contoh, banyak pejabat atau anggota wakil rakyat yang suka berfoya-foya dan meraup keuntungan untuk dirinya sendiri. Bukan untuk mensejahterakan rakyat. “Saya melihat, perjuangan mereka menjadi wakil rakyat atau pejabat karena kurang ikhlas. Kurang ikhlas dengan perjuangan mereka, sehingga menimbulkan I’tikat butuk saat meraih jabatan itu,” tuturnya.
Karenanya itu, menurut Monica, moral harus ada di mana berada dan dengan siapa ia ada. Dengan moral yang kuat, yakin tidak akan melakukan tindakan atau mengambil hak orang lain untuk kepentingan sendiri.

1 comment:

  1. sanggat menyentuh. orng2 seperti ada yg dibutuhkan direpublik ini...

    ReplyDelete