Tuesday 8 November 2011

Pal IX Tuan Rumah MTQ Sungai Kakap

Pal IX Tuan Rumah MTQ Sungai Kakap
Oleh Ubay KPI
Desa Pal IX, Kecamatan Kakap, Kabuapen Kubu Raya, yang pernah menjadi desa terbaik se-Kalimantan Barat akan menjadi panitia pelaksana seleksi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Sungai Kakap, yang akan dilaksanakan selama tujuh hari, 1-7 Oktober  2011.
Persiapan mulai dari penginapan peserta hingga mimbar MTQ telah dipersiapkan. Ketua Panitia Pelaksana, M. Nurdin, S. Pd saat dihubungi siang kemarin menuturkan, 90 persen pelaksanaan MTQ Kecamatan Sungai Kakap sudah siap dilaksanakan.
Berdiri megah panggung MTQ berada di lingkungan masjid dan sekolah Pal IX. Keduanya memberi keselarasan saling memberi keindahan pada panggung MTQ. Panggung MTQ seluas 8x12 meter tersebut hingga kemarin sudah siap digunakan. “Tinggal finishing bagian hiasan saja,” kata Ketua Panitia yang juga Kepala Desa Pal IX ini.
Ada sekitar 500 peserta dari 12 desa yang akan ikut berkompetisi memperebutkan prestasi terbaik untuk maju mewakili Kecamatan Kakap di ajang MTQ tingkat Kabupaten Kubu Raya nanti. 500-an perserta tersebut mengisi di 32 cabang lomba yang akan diperlombakan.
Kubu Raya sebagai kabupaten teranyar di Kalimantan Barat memang baru dua satu kali mengikuti MTQ tingkat provinsi. “Ini kali kedua Kakap melaksanakan seleksi. Dua tahun yang lalu pas pertama kali Kubu Raya mengadakan seleksi, Kakap juga ikut melaksanakan seleksi,” tambah M. Nurdin.
Malam ini, merupakan malam pembuka MTQ II Kecamatan Kakap, akan hadir dalam pembukaan nanti malam, Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, serta anggota legislatif Dapil Kakap, dan Camat Kakap, Sudiono Subyanto.
Diterangkan oleh M. Nurdin, pada malam pembuka nanti malam, juga akan diisi dengan hiburan tari belah duren. Tari ciri khas Desa Pal IX yang akan dimainkan oleh sekitar 50 anak-anak. Serta hadrah massal dari masing-masing desa se-Kecamatan Kakap. “Malam ini juga bersamaan dengan pembukaan sekaligus pengibaran bendera MTQ,” ujarnya.
Terkait anggaran dana, selain bantuan dari kas desa, M. Nurdin menuturkan, dana banyak diperoleh dari tokoh dan masyarakat di Desa Pal IX. Meski demikian, saat ini panitia masih kekurangan dana. “Kita juga mengajukan anggaran dana ke kantor bupati, tapi masih belum terealisasi sampai sekarang, Jumat (30/9),” ungkapnya.
 

No comments:

Post a Comment