Saturday 28 April 2012

Menjemput Wisatawan dengan Tour City


Menjemput Wisatawan dengan Tour City
Oleh Ubay KPI

Konsep baru yang ditawarkan para pelaku ekonomi Kota Pontianak dalam menghipnotis wisatawan agar datang ke Pontianak. Upaya yang dilakukan ekonom ialah menjual lokasi wisata bernilai tinggi serta menarik perhatian di luar Pontianak.
Upaya tersebut dilakukan dengan konsep tour city yang dilaksanakan oleh dua wajah ekonomi. Yakni Ateng Tour dan Aston Hotel Pontianak. Keduanya merancang konsep menawarkan Sungai Kapuas, Tugu Khatulistiwa, Rumah Betang, Musium Kalbar, serta Pantai Pasir Panjang Singkawang.
“Yang kami utamakan ialah Kota Pontianak, sebab di Pontianak banyak lokasi yang masih bernilai tinggi,” ujar Direktur Ateng Tour, Ronny Tansari usai launching.
Tour City dilaunching di Aston Hotel Pontianak, Kamis (22/3) lalu. Sasaran utama yang dituju dari konsep in I ialah warga di luar Kalbar atau mancenegara. Publikasi mengenai tour city selain dilakukan di kamar-kamar hotel Aston Pontianak melalui selebaran, juga dilakukan dengan mengirim brosur wisata ke daerah luar.
Konsep tersebut pada dasarnya hanya memudahkan pengunjung yang ingin melakukan kunjungan ke beberapa tempat di Kota Pontianak. Menjadikan Aston Hotel Pontianak sebagai tempat menginap, dan Ateng Tour sebagai penyedia pendamping selama perjalanan. Dengan didampingi ahli bahasa, yakin konsep tersebut mampu mendongkrak pertumbuhan wisatawan di Kalbar. 
Dikatakan Ronny, ada sekitar 2500 orang masuk ke Pontianak dalam setiap harinya, dari mereka bukan sekedar hanya sebagai tamu biasa, namun juga maksud tujuannya ialah mengenal dan menikmati wisata.
“Karenanya kita mudahkan mereka. Hanya dengan sekali bayar. Mulai dari hotel, kendaraan, sampai pendampingan dilakukan,” ujar Ronny.
GM Astol Hotel Pontianak, Anto mengenai konsep tersebut sangat memberikan dukungan, khususnya kepada Ateng Tour yang telah menjalin kerjasama.
Eka Y Setiawan, Kabd Promosi Pawisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pontianak mengutarakan pemerintah menyambut baik konse tersebut. Pasalnya secara sisi ekonomi dilakukan olehg Aston dan Ateng Tour, namun pentingnya adalah untuk warga Kalbar. Ialah peningkatan pendapatan dari sector wosata.

No comments:

Post a Comment