Saturday 28 April 2012

Tugu Ali Anyang Perlu Pos Polisi


Tugu Ali Anyang Perlu Pos Polisi
Oleh Ubay KPI

Keberadaan tugu Ali Anyang di bundaran Jalan Trans Kalimantan Barat Km 2 menjadi pemandangan baru bagi masyarakat sekitar dan pengguna yang melintas di kawasan tersebut. Panorama tugu kokoh nan tegak menjadi pemandangan indah. Bahkan, kawasan tersebut menjadi kawasan favorit sebagian pemuda untuk sekedar santai dan menikmati hari sore.
Kawasan tugu Ali Anyang juga terbilang sebagai taman kecamatan. Sebab, menjadi satu-satunya tempat berfasilitas dengan taman dan suasana indah.
Sebagai kawasan yang banyak diminati pemuda untuk sekedar santai. Tugu Ali Anyang belakangan tak lepas dari pandangan positif. Namun juga ada pandangan negative terhadap kawasan tersebut. Belakangan lokasi itu kerap terjadi kasus kriminalitas yang merugikan sebagian pihak. Seperti di sore hari, kerap pemuda menjadi di sekitar lokasi tersebut sebagai tempat berpacu gas si kuda besi. Dampaknya, selain mengganggu pengguna jalan lainnya, aktifitas tersebut tak jarang merugikan diri sendiri.
Yang teranyar, dalam kurun waktu 2 hari selama bulan April, terjadi dua kejadian anarkis. Jumat (6/4) sore, dua kubu berantem di kawasan tersebut. Dan Sabtu (8/4) dini hari, terjadi pemerkosaan massal yang dilakukan sekelompok pemuda terhadap gadis berumur 16 tahun.
Warga sekitar lokasi tugu Ali Anyang mulai resah dengan kerapnya terjadi kriminilitas. Salah satu pemuda di dekat lokasi, Suhardi menuturkan, kejadian negative bukan hanya terjadi belakangan ini, namun sebelumnya sangat kerap terjadi.
“Kami takut kesannya warga di sini yang melakukan, sebab kami yang dekat. Padahal, pelakunya adalah orang luar,” tuturnya.
Karenanya, Suhardi mengharapkan pihak kepolisian lebih siaga di kawasan tersebut. Dengan membangun pos polisi yang bisa setiap saat mengawasi untuk menghindari kriminalitas berkelanjutan. “Saya yakin, kalau ada pihak kepolisian di sana, criminal akan berkurang dan ikon tugu Ali Anyang baik,” tuturnya. 

No comments:

Post a Comment