Monday 27 August 2012

Lokasi Tugu Khatulistiwa Mulai Dibenahi


Lokasi Tugu Khatulistiwa Mulai Dibenahi
Oleh UBAY KPI

Besi beton dan pondasi di bagian bawah telah dikerjakan untuk pembangunan tribun titik kulminasi di sekitar tugu Khatulistiwa sejak tanggal 27 Juli lalu. Proyek ini merogoh anggaran hampir Rp 1 miliar. FOTO: Ubay KPI
Berapa tahun lalu, Kota Pontianak merencanakan pembenahan lokasi di sekitar tugu Khatulistiwa. Pembenahan itu mencakup fasilitas di sekitar monument tersebut. Hanya saja, pembenahan itu masih tersangkut beberapa hal, termasuk lahan yang sempit dan belum menemukan kesepakatan dengan pemilik lahan di sekitar monument tersebut.
Alhasil, pemerintah Kota Pontianak tak bisa berbuat banyak terhadap monument dunia tersebut. Namun, pada tahun 2012 ini, pembenahan dilakukan sedikit demi sedikit. Pantauan di lapangan, Minggu (26/8) kemarin, di bagian dalam lokasi, tepatnya dekat pesisir sungai Kapuas, sudah terpancang beton untuk sebuah pembangunan. Dari papan nama proyek yang ada di lokasi tersebut. Pembangunan tersebut untuk sebuah tribun.
Meski hanya sebatas besi beton yang masih tertancap. Sepertinya bangunan tersebut akan akan menghadap ke sungai dan ke arah sungai dan tugu Khatulistiwa.
Wakil Walikota Pontianak, Paryadi beberapa waktu lalu mengatakan, pembenahan sedikit demi sedikit di kawasan tugu Khatulistiwa dimulai tahun ini. Pertama akan dimulai dengan pembangunan beberapa fasilitas pendukung, seperti steger.
Papan proyek tertanggal mulai 27 Juli 2012 tersebut bertuliskan program revalitasi objek wisata dengan pekerjaan pembangunan tribun titik kulminasi tugu Khatulistiwa. Tak tanggung-tanggung, proyek yang dikerjakan oleh CV. Surya Balakosa bernilai Rp 914.990.000 dengan 90 hari kerja.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pontianak, Helfira Hamid saat dikonfirmasi via seluler, Minggu (26/8) siang kemarin belum memberikan penjelasan tentang proyek tersebut karena alasan sedang menerima tamu.
Helfira hanya mengatakan, Senin (27/8) pagi ini dirinya akan meninjau pelaksanaan proyek tersebut.
Salah satu warga Kota Pontianak, Zainal mengaku senang dengan rencana pembangunan fasilitas di sekitar tugu Khatulistiwa. Pasalnya, sementara ini pengunjung di lokasi tersebut hanya menikmati tugu yang tegak karena tak ada fasilitas lain. Sehingga berdampak kurangnya daya tarik masyarakat untuk berkunjung ke lokasi tersebut.
“Pembenahan memang harus dilakukan. Agar tidak hanya tugu saja yang ada. Dan di sekitar tak terlihat kumuh karena di sampingnya hanya ada semak,” ungkap Zainal.

No comments:

Post a Comment