Thursday 31 January 2013

10 Negara Ramaikan Tour De Khatulistiwa


Albert Yaputra dan H. Abdul Mutholib
Cap Go Meh 2013

10 Negara Ramaikan Tour De Khatulistiwa

Oleh Ubay KPI

Akan ada pemandangan baru pada perayaan Cap Go Meh 2013 tahun, selain gemercik letupan kembang api, atraksi tatung, dan ornament warna merah yang akan menghiasi Kota Singkawang, tahun ini juga akan digelar event internasional.
Event yang akan dilaksanakan 21-25 Februari mendatang tersebut bertajuk “Tour De Khatulistiwa” dengan peserta 10 negara dari Asia yang telah memastikan ikut serta.
Tour De Khatulistiwa akan diisi dengan balap sepeda yang akan menempuh jarak Singkawang-Pontianak. “Ini upaya untuk go internasional, jadi Cap Go Meh tak hanya dikenal dengan tatung dan kembang api, namun ada nuansa olahraga dan pariwisata juga,” ujar salah satu panitia Albert Yaputra saat ditemui di Pontianak, Minggu (27/1) lalu.
Selain untuk go internasional, event tersebut juga untuk memantik lebih banyak lagi wisatawan. Serta Negara-negara lain ikut melirik Kalimantan Barat.
Albert Yaputra yang juga anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI ini mengatakan, sudah lama berobsesi agar CGM bisa go internasional. “Bagaimana supaya go internasional? Salah satunya dengan menggelar Tour de Khatulistiwa. Sebanyak 10 negara telah diundang, yakni Brunei, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Kamboja, Laos, Philippina, Timor Leste, dan China. 
Tour De Khatulistiwa yang di dalamnya ada Singkawang Endureance Challenge 153 KM tersebut akan menempun rute perjalanan Singkawang – Pontianak dengan empat pos pemberhentian.
Pria berdarah Tionghoa ini melanjutkan, selain bersepeda ada acara bakti sosial yang dapat membantu kesejahteraan masyarakat yang tidak mampu di wilayah Pontianak dan Singkawang. Serta diisi dengan hiburan seremonial seperti acara pesta rakyat kesenian:  musik, penyanyi, dan atraksi kebudayaan. Selain itu, ada rangkaian acara aksi sosial dan penanaman pohon yang dilakukan oleh ibu-ibu SIKIB yang akan dipimpin oleh Ibu Agung Laksono, di beberapa tempat sepanjang jalur Tour De Khatulistiwa 2013.

No comments:

Post a Comment