Saturday 9 March 2013

Anggaran Dispora Naik Seratus Persen


Anggaran Dispora Naik Seratus Persen

Oleh Ubay KPI

Anggaran untuk keolahragaan dan kepemudaan pada Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kalimantan Barat meningkat drastic di tahun 2013. Nilainya meningkat seratus persen dari tahun 2012.
Di tahun 2012, dana APBD yang dikucurkan ke Dispora hanya sekitar Rp 5 miliar. Sedangkan di tahun ini hampir mencapai Rp 11 miliar. Nominal tersebut belum lagi bantuan dana APBN. Menurut Kadispora Utin Kusumawaty, dana APBD yang mengalir ke Kalbar (Dispora) pada tahun 2013 berkisar sekitar Rp 6 miliar.
Utin menjelaskan, peningkatan dana tersebut tak lepas dari meningkatnya PAD dan APBD Kalbar. Besarnya anggaran dari pusat yang mengucur ke dinas yang konsen di olahraga dan kepemudaan tersebut disebabkan karena Kalbar memiliki rencana membangun sport center dan sekolah olahraga.
“Yang jelas, anggaran tersebut untuk dua fungsi yakni kepemudaan dan olahraga,” ujar Utin.
Utin menambahkan, pemerintah provinsi melalui Dispora melalui anggaran tersebut akan memaksimalkan pelayanan dan sarana. Baik untuk pembinaan, pencapaian prestasi, dan keperluan lainnya yang berkaitan dengan olahraga dan pemuda.
“Alhamdulillah, kita mendapat anggaran dana. Artinya kita akan lebih solid memberikan pembinaan dan peningkatan prestasi,” imbuh Utin.
Terkait sport center dan sekolah olahraga yang direncanakan pemerintah akan ditempatkan di daerah Jalan Trans Kalimantan, Utin menjelaskan sampai saat ini rencana tersebut masih dalam pengakajian. Namun, pemerintah sangat serius mewujudkan rencana tersebut. “Gubernur sudah menandatangani, artinya pemerintah provinsi sudah merestui. Kita berharap ini segera terwujud agara olahraga Kalbar semakin baik,” pungkasnya.

No comments:

Post a Comment