Tuesday, 5 March 2013

Format Tampilkan Teater Sebulan Lebih

BOKS TEATER dipajang dipelataran Taman Budaya Kalbar. Setiap boks berisi empat sampul judul teater yang akan tampil pada Parade Teater Khatulistiwa. FOTO: Ubay KPI


Format Tampilkan Teater Sebulan Lebih

Oleh Ubay KPI

Setelah melewati berbagai kegiatan, yang tak lain merupakan pembekalan kepada seniman teater. Yakni workshop-workshop seperti keaktoran, penyutradaraan, artistic seni dan pertunjukan. Kini sampai pada waktunya, Forum Teater akan menampilkan pertunjukan teater.
Tak tanggung-tanggung, kegiatan yang dikemas dengan Parade Teater Khatulistiwa ini akan dihelat sebulan lebih yang akan menampilkan teater setiap hari mulai tanggal 2 Februari hingga 14 April mendatang di Taman Budaya, Pontianak.
Dengan mengangkat tema “Mencintai Tradisi, Mengenal Kehidupan”. Parade teater yang digawangi oleh Format ini akan menampilkan sebanyak 24 kelompok pecinta teater atau sanggar. Setiap sanggar diperkenankan maksimal tampil dua kali dalam dua hari.
Ketua Format Mugiono saat ditemui di Taman Budaya siang kemarin mengatakan, dari 24 sanggar teater tersebut ada beberapa yang tikut serta. Selain kurang persiapan juga terkendala seleksi. Sebab menurut Mugiono, panitia juga melakukan pemantauan ke setiap lokasi sanggar untuk melihat kenyataan di lapangan. “Apakah mereka benar-benar latihan dan persiapan atau tidak, target kita adalah mereka menampilkan yang terbaik dan tentu berkualitas,” ujarnya kemarin.
24 sanggar teater yang akan ikut dalam Parade Teater Khatulistiwa tahun ini berasal dari beberapa daerah. Yakni Pontianak, Sintang, Kubu Raya, bahkan ada dari Yogyakarta.
Sedangkan Ketua Panitia Parade Teater Khatulistiwa Nur Danu Sandy saat dikonfirmasi siang kemarin terkait persiapan. Ia menjelaskan persiapan kegiatan sudah menghampiri sempurna. Tinggal mengunggu action saat pelaksanaan.
Danu Sandy juga menyampaikan, opening seremony yang akan dilaksanakan malam nanti sudah dilakukan persiapan. Termasuk kepastian beberapa pejabat yang akan hadir. Tokoh-tokoh yang akan hadir dalam pembukaan nanti malam di pelataran Taman Budaya Kalbar, yakni Wakil Walikota Pontianak Paryadi, Pangdam XII Tanjungpura, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, Paskas Lanud Supadio, dan dari Dinas Pariwisata Kota Pontianak.

No comments:

Post a Comment