Tuesday, 5 March 2013

Konsep SIAP untuk “Pontianak Sejahtera”

Paryadi, S. Hut

Konsep SIAP untuk “Pontianak Sejahtera”
Paryadi: Sejahtera Muara Segala Program

Oleh Ubay KPI

“Pontianak Sejahtera” menjadi jargon atau semboyan Paryadi, S. Hut dalam pencalonannya menjadi walikota Pontianak. konsep yang dicanangkan untuk mewujudkan ‘Pontianak Sejahtera’ adalah Santun, Inovatif, Aktif, dan Profesional (SIAP). Dua semboyan tersebut dikenalkan Paryadi usai mendaftar ke PDI Perjuangan beberapa waktu lalu.
Paryadi menjelaskan, semboyan tersebut bukan dibuat tanpa alasan. Sejahtera merupakan muara dari segala bentuk upaya pemerintahan dan berbagai program yang dilaksanakan. Sejahtera menurutnya tak hanya bersifat pada warga, bila warga sejahtera, maka aparatur pemerintah juga harus sejahtera. “Aparatur pemerintah sebagai pelayan harus juga sejahtera. Sehingga tak ada kecemburuan,” ujarnya.
Konsep SIAP sendiri lebih mengarah pada pembentukan pelayanan publik, konsep SIAP. Yakni, santun, inovatif, aktif dan professional punya kaitan erat menuju muara ‘Pontianak Sejahtera’.
Paryadi juga menambahkan, kesejahteraan masyarakat bisa diukur dengan tingkat kemiskinan yang menurun, tidak sekedar dengan luncuran program. Akan tetapi juga haris dimulai dari masyarakat yang memiliki keahlian.
Dalam meningkaykan keahlian masyarakat, Paryadi mengatakan untuk di Pontianak lebih gampang ketimbang daerah lainnya di Kalbar. Sebab di Pontianak memiliki SMK yang jurusannya lengkap.
“Masyarakat bisa meningkatkan kesejahteran dengan keterampilan dan keahlian. Misalnya otomotif, las, jahit, tata boga, dan lainnya. Itu bisa dikembangkan sebaba di SMK keterampilan dan keahlian seperti itu sudah ada,” pungkasnya.

No comments:

Post a Comment