Saturday 9 March 2013

Peningkatan Ekonomi Kayong Utara Tak Terpungkiri

Peningkatan Ekonomi Kayong Utara Tak Terpungkiri

Oleh Ubay KPI

Hasil penelitian tahun 2011  yang dilakukan salah satu akademisi ekonomi Universitas Tanjungpura, Pontianak. Edi Suratman menyimpulkan, perkembangan ekonomi di Kayong Utara meningkat pesat. Hal tersebut menurut Edi Suratman tak bisa dipungkiri.
Tahun 2011, yang otomatis di bawah kepemimpinan Bupati Hildi Hamid. Melaju pesat peningkatan ekonominya melalui keseriusan kepala daerah dalam melakukan terobosan dan pengelolaan yang ada.
“Ekonomi Kayong Utara sangat bagus, hasil penelitian saya di tahun 2011 menggambarkan di semua sector mengalami peningkatan,” ujar Edi Suratman saat dihubungi siang kemarin.
Pandangan Edi Suratman, investasi di Kayong Utara berjalan dengan mulus. Contohnya pembangunan hotel yang memberikan dampak yang sangat baik. Adanya fasilitas hotel semakin membuat orang menarik.
Akan tetapi, Edi Suratman juga memberikan catatan untuk kemajuan Kayong Utara lebih baik. Guna terus meningkakan ekonomi di daerah tersebut, pengelolaan ikan harus terus berjalan dengan terobosan baru. Begitu juga perbaikan infrastruktur guna menunjang kelancara ekonomi rakyat.
Khususnya, pelabuhan. Sejauh ini Edi Suratman menilan pelabuhan sudah sangat baik untuk penumpang. Namun bila dibuat lebih bagus. Maka kapal-kapal akan lebih mudan menyandar. Satu hal yang sangat menarik di mata Edi Suratman hingga saat ini, tak lain adalah keberanian melakukan terobosan dengan pendidikan dan kesehatan gratis yang dilakukan oleh Hildi Hamid sejak awal ia memimpin Kayong Utara.
“Ya, itu sangat menarik. Tak hanya bagi saya mungkin, namun juga bagi masyarakat lainnya. Sebab sangat jarang menemukan kepala daerah yang memiliki komitmen seperti itu,” tuturnya.
Pelayanan satu pintu juga telah berjalan dengan baik saat ini di Kayong Utara. Hanya saja, perlu peremajaan agar pelayanan itu betul-betul berjalan dengan baik. Begitu juga sistem elektronik guna mengurangi penyalahgunaan.
Saat ditanya perbandingan peningkatan ekonomi Kayong Utara dengan daerah lain di Kalbar. Edi menyebutkan Kayong Utara mengalahkan beberapa daerah lain di Kalbar. Peningkatan ekonomi Kayong Utara tak hanya bersaing dengan daerah pemekaran baru. Namun sudah mampu bersaing dengan daerah yang sudah lama mekar.
Hanya saja, Edi Suratman tidak menyebutkan daerah tersebut dengan alasan tak etis.  

No comments:

Post a Comment