Thursday, 24 April 2014

Pada Usia Berapa Bayi Mulai Tengkurap?

Pada Usia Berapa Bayi Mulai Tengkurap?

Catatan Papa untuk Weisha Zahira

Usia Weisha sudah memasuki bulan ketiga, sampai dengan tanggal 26 April ini, usia Weisha genap usia 73 hari.
Saya sudah mulai khawatir dengan keagresifan Weisha. Kerap kali Weisha mulai miringkan badan, bahkan berusaha untuk tengkurap.


Saya mengira, di usia yang masih dini tersebut masih belum waktunya bagi Weisha untuk tengkurap. Terlebih ia sendiri masih belum kuat menopang pergelangan lehernya.

Saya coba memcari tahu, di usia berapa umumnya bayi mulai tengkurap. Di sebuah artikel yang ditulis oleh bidan, umumnya bayi mulai tengkurap di usia 3 bulan.

Perkembangan Weisha beranjak belajar tengkurap sebenarnya terlihat saat genap usia 2 bulan lalu, tepatnya tanggal 13 April. Saya melihat Weisha berusaha miring, kakinya sudah mulai terangkat untuk berbalik ke sisi kiri, namun masih belum mampu membalikkan badannya, dan mengangkat kepalanya.


Sejak itu pula, Weisha mulai sering nangis kala tidak bisa memiringkan badannya. Nangis bukan karena rewel namun lebih karena tidak bisa membalikkan badannya.

Bahkan, saat di ayunan pun  Weisha kerap tidur miring. Setiap hari saya terus memperhatikan perkembangan Weisha. Sejak 2 hari lalu, pergelangan leher Weisha sudah mulai kuat, saat ditengkurapkan oleh Mbah Ummi atau Mamanya, Weisha sudah bisa mengangkat kepalanya bahkan kepalanya sudah bisa dibalik kanan dan kiri. 

Melihat perkembangan itu, saya mulai memprediksi, genap usia 3 bulan nanti Weisha akan mampu tengkurap sendiri. Saat ini Weisha hanya masih mampu membalikkan kepalanya saja, sedangkan badannya sudah bisa dibalikkan.

Keagresifan Weisha tak hanya soal berusaha tengkurap, namun sejak kecil tangan Weisha sangat agresif. bila sedang telentang, tangan Weisha tak pandai diam. ke atas, ke samping, ke arah kepala menjadi tontotan saya setiap hari.

Nah lucunya dalam usaha tengkurap ini, seringkali Weisha tertidur karena capek saat berusaha membalikkan badannya. Dengan posisi miring dan kepala mendongak ke atas Weisha tidur jauh dari bantalnya. Namun dalam kondisi seperti ini kerpa kali Weisha tak bisa lama tidur, palingan hanya sekitar 30 menit, setelah itu terbangun.

Dedek Weisha, sabar ya nak bentar lagi dedek bakal kuat menopang badan dedek untuk tengkurap kok.

Di Konter Weisha
Setelaha Salat Jumat
Jumat, 26 April 2014. Pukul 12.47


No comments:

Post a Comment