Tuesday 29 April 2014

Poltekkes Pontianak Terima Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2014 - 2015

Poltekkes Pontianak Terima Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2014 - 2015

Catatan Ubay KPI

Beberapa hari lalu, mertua saya mampir ke rumah jenguk anak saya. Kali ini,
mertua saya datang tak dengan biasanya, saya katakan demikian karenanya mertua saya yang biasa hanya membawa tas, kali ini juga membawa selebaran.

Awalnya saya tidak tahu, isi selebaran itu. Dengan hormat saya meminta satu selebaran itu. Ternyata selebaran kampus yang berisi informasi penerimaan mahasiswa baru. Saat saya lihat cover selebarannya, saya langsung kenal. Oh, ternyata selebaran penerimaan mahasiswa baru di kampus Politeknik Kesehatan Kemenkes Pontianak yang beralamat di Jalan 28 Oktober, Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak.

Sekilas saya melihat daftar biaya untuk masuk di kampus tersebut, termasuk untuk keluarga miskin. Maklum saja, saya punya mimpi keponakan saya bisa kuliah bidang kesehatan, meskipun pada dasarnya untuk mewujudkan itu sangatlah berat, disebabkan butuh finansial yang kuat. Tapi, mimpi adalah suatu kewajiban bagi saya. Mungkin tidak saat ini terwujud, siapa tahu di lain waktu dapat terwujud. Amin.

Bicara soal Poltekkes Pontianak, saya sedikit mengetahui informasi tentang kampus tersebut. Bahkan setiap menjelang akhir tahun akademik, kadang kala Direkturnya yang saat ini kalau tidak salah masih Pak Khayan, kerapkali memanggil saya untuk datang ke kampus untuk berbagi informasi tentang perkembangan Poltekkes Kemenkes Pontianak. Sekaligus untuk dimuat di media.

Begitu juga pembantu Direktur III, seringkali komunikasi dengan saya melalui telepon. Sangat akrab sekali dalam 3 tahun belakang ini. Orangnya enak diajak diskusi dan ngobrol. Bahkan kalau pas saya lewat kampus tersebut, kadangkala saya mampir ke ruangannya.

Bersamaan dengan catatan pendek saya ini, saya sertakan persyaratan waktu penerimaan mahasiswa baru di kampus Poltekkes Kemenkes Pontianak.

JADWAL PENDAFTARAN
* Penelusuran Minat dan Prestasi ((PMDP) - Tanggal Pendaftaran 10 Februari - 11 April 2014. (tanpa Uji Tulis.
* Jalur Reguler dan Lintas Provinsi serta Jalur Beasiswa dan Keluarga Miskinmulai 5 Mei - 20 Juni 2014. Uji tulis pada pekan ke-3 bulan Juni 2014.

MATERI UJIAN
* Matematika
* IPA (Kimia - Fisika - Biologi)
* Bahasa Inggris
* Bahasa Indonesia

BIAYA PENDAFTARAN
* Reguler 1 pilihan Rp 100.000
* Reguler 2 Pilihan Rp 150.000
* Jalur Keluarga Miskin (hanya 1 pilihan) Rp 100.000
* Jalur PMDP (hanya 1 pilihan) Rp 100.000

PROSEDUR PENDAFTARAN
Pendaftaran dilakukan secara online, informasi dan keterangan lebih detail tentang Pensimaru Poltekkes Kemenkes Pontianak tahun 2014 dapat diakses pada website www.poltekkes-pontianak.ac.id


PERSYARATAN
1. Jalur Reguler

- SMA/MA jurusan IPA dan IPS
- SMK Tata Boga khusus Jurusan Gizi
- SMK (eks STM) khusus Jurusan Kesling
- SMK Industri khusus Jurusan Kesling dan Analis Kesehatan
- Paket C telah memiliki ijazah jujursan IPA dan IPS dilengkapi foto copy raport semester 1-6
- Ber5badan sehat dan tidak cacat fisik: sumbing dan buta warna
- Tinggi badan pria / wanita 150 cm (khusus wanita kebidanan minimal 155 cm dan pria keperawatan minimal 155 cm)
- Umur maksimal 27 tahun terhitung 1 September 2014


2. Jalur Beasiswa Keluarga Miskin (Bebasa biaya DPP/uang masuk dan SPP)
- Sama seperti jalur reguler
-Tambahan
   * Sutara Keterangan Miskin dari Kelurahan dilegalisir Camat
   * Kartu Keluarga Asli
   * Listrik 450 watt
   * Bagi yang dinyatakan lulus akan diverifikasi oleh tim.

3. Jalur PMDP (tanpa tes tulis)
- Siswa kelas III SMA/SMK/MA sederajat tahun pelajaran 2014
- Setiap mata ajar semester 1 sampai V tidak memiliki nilai kurang dari 7
- Asal sekolah:  
  * SMA/MA IPA untuk pilihan Jurusan Kebidanan, D4 Keperawatan, dan D4 Gizi, Analis Kesehatan
  * SMA/MA IPA dan IPS untuk pilihan Jurusan keperawatan Gigi, Kesehatan Lingkungan, D3 Keperawatan dan D3 Gizi
  * SMK (eks STM): untuk pilihan Jujursan Kesehatan Lingkungan
  * SMK Tata Boga: untuk pilihan Jurusan D3 Gizi
  * Akreditasi sekolah minimal B
- Tinggi badan pria/wanita minimal 150cm (khusus wanita kebidanan dan D4 Keperawatan minimal 155cm, dan pria Keperawatan minimal 155cm.

BIAYA PENDIDIKAN

Dibayar setelah dinyatakan lulus dan diterima menjaid mahasiswa aktif

Jurusan Kesling
Jalur Reguler Diploma III Rp. 10. 275.000
Jalur Reguler Diploma IV Rp. 10.675.000
Jalur Keluarga Miskin Diploma III Rp. 3.675.000
Jalur Keluarga Miskin Diploma IV Rp. 3.675.000

Jurusan Gizi
Jalur Reguler Diploma III Rp. 10. 275.000
Jalur Reguler Diploma IV Rp. 10.675.000
Jalur Keluarga Miskin Diploma III Rp. 3.675.000
Jalur Keluarga Miskin Diploma IV Rp. 3.675.000

Keperawatan
Jalur Reguler Diploma III Rp. 10. 575.000
Jalur Reguler Diploma IV Rp. 10.675.000
Jalur Keluarga Miskin Diploma III Rp. 3.675.000
Jalur Keluarga Miskin Diploma IV Rp. 3.675.000

Analis Kesehatan
Jalur Reguler Diploma III Rp. 11. 375.000
Jalur Reguler Diploma IV Rp. 10.675.000
Jalur Keluarga Miskin Diploma III Rp. 3.675.000
Jalur Keluarga Miskin Diploma IV Rp. 3.675.000
Kebidanan
Jalur Reguler Diploma III Rp. 13. 375.000
Jalur Reguler Diploma IV Rp. 12.475.000
Jalur Keluarga Miskin Diploma III Rp. 3.675.000
Jalur Keluarga Miskin Diploma IV Rp. 3.675.000

Keperawatan
Jalur Reguler Diploma III Rp. 12. 375.000
Jalur Reguler Diploma IV Rp. 11.175.000
Jalur Keluarga Miskin Diploma III Rp. 3.675.000
Jalur Keluarga Miskin Diploma IV Rp. 3.675.000 
 
Bila ada informasi yang kurang paham dengan isi catatan ini, silahkan dapat menghubungi saya via handphone 081345728072 atau BB 27C6D55A.

No comments:

Post a Comment