Saturday 19 December 2015

Lakmud NU
Membentuk Generasi Penerus Organisasi Terbesar

Penulis : Ubay KPI


Beberapa waktu lalu, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) menggelar Latihan Kader Muda (Lakmud) di Aula Universitas Nahdlatul Ulama Kalbar.

Lakmud merupakan salah satu dasar dalam pengkaderan organisasi terbesar di Indonesia ini. Dr Syarif, MA yang juga Wakil Rektor II IAIN Pontianak, berpendapat bahwa integritas generasi muda sangat diperlukan, mengingat generasi muda merupakan calon pemimpin di masa depan.
Terlebih menurut Syarif, sebagai organisasi bungsu di dalam Banom NU, Lakmud menjadi dasar sebagai bekal membentuk generasi yang cakap, dan punya integritas tinggi. Khususnya dalam menjalankan roda organisasi, dan lebih umum sebagai bekal untuk bangsa dan agama.
“Jadi saya sangat berharap Lakmud ini melahirkan kader-kader yang agamis dan mampu menjadi generasi Pelajar NU dimasa yang akan datang, sehingga pelajar NU bisa mengawal kebijakan pendidikan yang meruapakan wadah semua kalangan pelajar,”tuturnya
Ketua IPNU Kota Pontianak, Syamhadi mengatakan bahwa pada prosesi pembukaan Lakmud, IPNU dan IPPNU Kota Pontianak juga menggelar Pelantikan Pimpinan Komisariat IPNU dan IPPNU yang ada di Kota Pontianak. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pengukuhan di tingkat komisariat serta agar mampu memberikan warna perkembangan positif bagi pengurus komisariat.
Lakmud adalah kaderisasi Pasca Masa Kesetiaan Anggota (Makesta), yang mana Lakmud ini merupakan kaderisasi yang menekankan pada pembentukan watak, motivasi pengembangan diri dan rasa memiliki organisasi.
Tujuannya adalah mewujudkan kader IPNU dan IPPNU yang berpegang teguh terhadap ajaran Islam ahlussunnah wal jama’ah, serta mempunyai kesadaran sosial yang tinggi, memiliki pengetahuan yang mendalam dan keterampilan yang memadai dalam berorganisasi.
 “Kita adalah pewaris NU di masa depan. Dari IPNU dan IPPNU-lah NU akan jaya dan maju. Jika kita tidak demikian, maka jangan menjadi Kader dan Pelajar NU,” tuturnya.
Nuralam, S.Ag selaku Ketua PC NU Kota Pontianak turut hadir dalam pelantikan dan Lakmud tersebut. Dia menegaskan, sangat apresiatif terhadap pelantikan dan Lakmud ini. Dia sangat berharap terhadap kader-kader dan pelajar NU ini nantinya, akan bemanfaat bagi masyarakat sosial khususnya bagi kaum intelektual seperti pelajar.
“Mudah-mudahan Lakmud ini melahirkan pemimpin yang solid dan komitmen untuk mengembangkan IPNU dan IPPNU,” tuturnya.
Sekretaris PC IPPNU Kota Pontianak, Mufadila, menambahkan bahwa Lakmud merupakan salah satu pilar utama dalam organisasi pelajar seperti IPNU dan IPPNU yang termasuk Badan Otonom NU.
Dari proses kaderisasi Lakmud inilah, akan didapat kader-kader yang memiliki energi, kualitas dan loyalitas yang tinggi demi pengembangan dan keberlangsungan organisasi.
Menurutnya, hidupnya organisasi karena ada kader dan kader adalah ruhnya organisasi. “Jadi kami berharap kader yang telah mengikuti Lakmud ini bisa mengembangkan IPNU dan IPPNU ke tengah-tengah masyarakat dan kaum pelajar”.

No comments:

Post a Comment