Saturday, 20 January 2018

Hindari PIN ATM Menggunakan Tanggal Lahir, Ini Resikonya



Hindari PIN ATM Menggunakan Tanggal Lahir, Ini Resikonya

Oleh Ubay KPI

Sahabat-sahabat semua, mendengar sebutan ATM tentu sudah tidak asing tentunya. Mungkin di dompet sahabat semua terselit juga benda tipis tersebut.
ATM atau Anjungan Tunai Mandiri adalah alat untuk tarik tunai, transfer, adalah untuk setor tunai. Jenisnya beraneka ragam tergantung bank-bank penyedia ATM. Keberadaan ATM tentunya sangat memudahkan sahabat semua, selain mempertipis dompet, juga bisa membantu saat kepepet membutuhkan uang tunai.
Kali ini, saya akan sedikit berbagi tentang resiko ATM dari sisi keamanan pada PIN atau Personal Identification Number, setiap ATM memiliki fasilitas PIN untuk keamanan. Jumlah digitnya umumnya enam angka, namun ada pula yang empat angka.
Mungkin sahabat semua umum menjadikan tanggal lahir atau tanggal-tanggal istimewa di kehidupan sahabat sebagai nomor PIN. Tahukah sahabat, di jaman now saat ini, angka keamaan tersebut tak lagi aman. Kenapa?
Pertama, kehidupan kita tak lepas dari sosial media yang mana sosmed kerap menyediakan kolom tanggal lahir lengkap. Bahkan yang sudah berkeluarga, kerap memposting anniversary pernikahan, yang mana angka tersebut kerap menjadi angka special untuk dijadikan PIN pada ATM sahabat.
Kedua, pada facebook mudah sekali mengecek hari ulang tahun kita dan history-history lainnya. Bila hal tersebut tercantum secara vulgar di sosmed sahabat, maka akan semakin ATM tersebut tak aman.
Khususnya, apabila kita kehilangan ATM bersama dengan kartu identitas. Syukur Alhamdulillah bila si penemu ATM kita yang jatuh atau kececer punya niat baik, syukur pula bila ATM yang hilang berisi sedikit uang. Kalau ATM tersebut menjadi ATM utama menimbun uang kita, apa jadinya bila si penemu iseng berselancar di sosial media mencari angka-angka istimewa. Bila kebetulan PIN tersebut menggunakan angka lahir, angka pernikahan, hanyut tanpa bekas isi ATM. Repot bukan harus berurusan dengan kepolisian untuk menyelidikinya.
Jadi, hindari pengunaan PIN ATM menggunakan tanggal istimewa seperti disebutkan di atas. Demi keamanaan uang kita semua. (*)

No comments:

Post a Comment