Wednesday, 17 January 2018

IKBM Kalbar akan Kedatangan Tamu dari Thailand

IKBM Kalbar akan Kedatangan Tamu dari Thailand

Oleh Ubay KPI

Pagi ini, Kamis (18/1/2018) Ikatan Keluarga Besar Madura (IKBM) Kalimantan Barat akan kedatangan sekitar 20 orang tamu dari Thailand.
Kabar tersebut disampaikan oleh Ketua Bidang Kebudayaan IKBM Kalbar, Subro Sanali pada Rabu (17/1/2018) malam.

Kedatangan tamu dari Thailand dengan jumlah yang cukup ramai ini merupakan suatu kehormatan bagi IKBM Kalbar. Dijadwalkan rombongan akan langsung menuju Rumah Budaya Madura Kalimantan Barat di Jalan Selat Panjang, Kecamatan Pontianak Utara pada pukul 08.00 WIB.
Rumah Budaya Madura di Kalimantan Barat telah 80% rampung pengerjaanya. Saat ini menyisakan finishing ornament khas Madura yang belum tuntas.
Keberadaan Rumah Budaya Madura di Kalimantan Barat menjadi salah satu tambahan destinasi budaya, khususnya bagi para tamu dari luar negeri, selain menyambangi Rumah Melayu dan Rumah Radakng.
Terkait agenda kedatangan tamu mancanegara tersebut, Subro menyebutkan belum mengetahui pasti agenda-agenda yang menjadi tujuan kedatangannya ke Rumah Budaya Madura. Namun Subro meyakini, kehadiran tamu mancenagara kali ini berkaitan dengan kebudayaan.
“Melihat pemberitahuannya, tentu ini soal budaya yang akan merea pelajari atau sekedar silaturahmi. Sebab informasinya, setelah dari Rumah Budaya Madura, rombongan akan ke Rumah Melayu Kalimantan Barat,” ujar Subro.
Diketahui, Rumah Budaya Madura merupakan hasil komitmen Ikatan Keluarga Besar Madura di Kalimantan Barat. Keberadaan Rumah Budaya Madura baru terwujud di tahun 2016 di bawah kepimpinan H. Sukiryanto. Gagasan awal mendirikan Rumah Budaya Madura di Kalimantan Barat sejak kepimpinan H. Sulaiman.
Keberadaan Rumah Budaya Madura ini menjadikan tambahan semangat dalam menjaga dan pelestarian kebudayaan Indonesian. Selain menjadi tempat musyawarah dan kegiatan sosial keagamaaan, Rumah Budaya Madura juga menjadi tempat pelestarian budaya Madura seperti latihan sandur dan tarian Madura. (*)

No comments:

Post a Comment