Friday 12 October 2012

Beasiswa Luar Negeri Bagi Peringkat Satu Nasional


Beasiswa Luar Negeri Bagi Peringkat Satu Nasional

Oleh Ubay KPI

Walikota Pontianak, Sutarmidji menjanjikan akan memberikan beasiswa kuliah di luar negeri, dan negara manapun bagi siswa yang mampu menjadi peringkat pertama nasional.
“Silakan kalau ada anak Pontianak yang berhasil menjadi juara pertama lulusan terbaik se Indonesia, dia boleh melanjutkan pendidikan ke mana saja dia mau, ke Amerika, Mesir, Inggris atau ke negara lainnya, Pemkot akan menanggung berapa pun biayanya,” ujar Midji saat memberi materi seminar TIK di Asrama Haji Pontianak, Kamis (27/9) kemarin.
Hanya saja, mungkinkah Pontianak akan memiliki siswa yang mampu bersaing dengan siswa lain di Indonesia? Sejauh ini, Pontianak sebagai barometer pendidikan Kalbar masih belum mampu menembus peringkat papan atas nasional. Bahkan, sector pendidikan belum ada pemerataan dari pihak pemerintah.
Pemkot dalam segi pembangunan masih menganaktirikan sekolah swasta. Konsentrasi pemerintah kota masih banyak keliling di sekolah negeri.
Dalam mewujudkan hal itu. Rencananya Pontianak akan memonitor proses belajar mengajar seluruh sekolah negeri dengan CCTV. Tujuannya, memantau lebih jelas aktifitas persekolahan.
Saat ini, Pemkot baru melakukan uji coba CCTV di satu sekolah negeri. “Ke depan, pemkot melalui dinas pendidikan akan memantau seluruh sekolah negeri yang ada di Pontianak,” ungkapnya.
Selain langkah tersebut, Sutarmidji juga terobsesi dengan media televise sebagai tempat menayangkan materi ajar.
Televise akan diberdayakan sebagai bahan siar pembelajaran secata seragama mata pelajaran sehingga dapat diikuti dengan langsung oleh siswa. Dan guru hanya sebagai fasilitator dalam proses belajar mengajar. Alasannya, agar pembelajaran efektif dan efisien.

Bicara televise, pemkot Pontianak memang telah memiliki satu stasiun televise hasil bantuan dari Komisi Penyiaran Indonesia. Televise tersebut ditempatkan di SMKN 2 Pontianak. Hanya saja, sampai saat ini televise tersebut masih terkendala frekuensi yang belum dikeluarkan oleh badan terkait. “Bila sudah ada izin siar, kita akan langsung bangun tower antenanya supaya jangkauan luas,” pungkasnya.

No comments:

Post a Comment