Friday 12 October 2012

Jakarta Tourism Expo 2012


Jakarta Tourism Expo 2012
Bujang Dare – Abang None Sharing Pariwisata Daerah

Oleh Ubay KPI

Jakarta Tourism Expo 2012 yang digelar 12-14 Oktober di Ayani Mega Mall, Pontianak merupakan pamungkas dari perjalan keliling Indonesia kali ini. Selain menghadirkan beberapa bisnis yang meliputi perhotelan dan maskapai penerbangan dalam promosi pariwisata Jakarta, JTE 2012 juga menghadirkan Abang dan None Jakarta 2012.
Abang dan None bukan hanya pemancing dan pemberdayaan dalam meningkatkan wisata Jakarta untuk warga Pontianak. Namun kehadirannya juga dimanfaatkan oleh Bujang Dare Pontianak yang baru terpilih beberapa waktu untuk belajar kepada mereka.


JAKARTA DAN PONTIANAK menampilkan dua duta daerahnya. Jakarta membawa Abang dan None, Nanda Barizki dan Andin Dwitasari (dua dan tiga dari kiri). Pontianak menghadirkan Bujang dan Dare, Zemi Prabowo dan Reni Karina (ke empat dan lima dari kanan). Keduanya hadir pada pelaksanaan JTE 2012 di Ayani Mega Mall Pontianak, Jumat (12/10) hari pertama kemarin. FOTO: Ubay KPI
Pada hari pertama kemarin, duta dua putra daerah tersebut bertemu di panggung JTE 2012. Abang Rezzi Nanda Barizki dan None Andin Dwitasari terlebih dulu memaparkan beberapa pariwisata yang bisa dinikmati di ibukota Jakarta. Serta menyampaikan informasi terbaru tentang Jakarta baik mengenai infrastruktur dan sejumlah lokasi pariwisata unggulan.

Pemaparan tentang pariwisata Jakarta kemudian diikuti oleh Bujang Zemi Prabowo dan Dare Reni Karina. Zemi memaparkan tentang bagaimana suatu keramahan warga Pontianak. Reni menyampaikan beberapa pariwisata di Pontianak, serta sejumlah kuliner khas Pontianak yang dinikmati oleh tamu kehormatannya.
Pemaparan singkat di panggung tersebut tak memuaskan bagi Bujang Dare Pontianak. Keduanya kemudian melakukan pertemuan khusus di salah satu lokasi minuman di Ayani Mega Mall dengan Abang None Jakarta.
Tak ada lain, tujuannya ialah belajar bagaimana mempromosikan pariwisata. “Setidaknya kami belajar kepada mereka bagaimana mempromosikan sebuah pariwisata. Tentunya, mereka lebih banyak memiliki trik dan inovasi mengingat Jakarta punya ragam pariwisata,” ujar Zemi Prabowo didampingi M, Rizal Edwin.
Sharing tentang kepariwisataan kemarin dilakukan tak hanya mereka berempat. Namun pihak yang bertanggungjawab terhadap empat duta daerah tersebut juga ikut mendampingi. “Dari sharing ini, beberapa akan kami lakukan dalam waktu dekat,” ujar Reni Karina.
Hadir pula dalam kesempatan siang kemarin Putri Pariwisata Kalbarr 2012, Ulvi Loly Amanda.
Jakarta Tourism Expo 2012 di Ayani Pontianak masih akan berlangsung hingga 14 Oktober besok. Di hari pertama kemarin, design expo yang dibentuk bundar sesak dengan stand sederhana yang menawarkan berbagai jenis produk. Akan tetapi, produk yang ditawarkan bukanlah produk sederhana. Perhotelan berbintang dan perumahan dengan design yang inovatif dan minimalis.
Hasil pantauan di hari pertama kemarin, warga Pontianak yang hadir pada JTE 2012 lebih banyak memilih stand di bagian tengah. Yakni promo tiket maskapai penerbangan tujuan Jakarta dengan harga yang sangat terjangkau.
Promo tiket penerbangan tersebut bergandeng dengan salahsatu penginapan. “Harganya jauh dari biasanya, kami memesan empat tiket untuk keluarga untuk berlibur di Jakarta beberapa hari ke depan,” ujar Irma, salahsatu pengunjung JTE 2012 kemarin.
Di loket yang menyediakan promo wisata ke Jakarta tersebut, pada hari kemarin nyaris tak pernah lengang oleh pengunjung. Bahkan sekitar pukul 14.00 kemarin, antrean panjang sempat terjadi di stand tersebut.
“Ini kesempatan langka bagi warga Pontianak. Andai ini terjadi di masa libur sekolah, saya yakin pengunjung akan lebih ramai dari sekarang ini,” ujar Bambang yang ikut mengantre di stand penjualan tiket.
JTE 2012 yang merupakan kali pertama di Pontianak ini dalam menawarkan perjalanan wisata ke Jakarta menggandeng maskapai penerbangan Sriwijaya Air sebagai partner. Serta menggandeng salah satu hotel sebagai tempat penginapan bagi wisatawan.
JTE 2012 yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayan DKI Jakarta pada konferensi pers yang dilaksanakan di Hotel mercure, Kamis (11/10) lalu menghadirkan Wakil Kadisparbud, Dr. Tinia Budiati. Dalam konferensi persnya, Tinia mengatakan Provinsi Kalbar dan Kota Pontianak merupakan pasar yang besar sehingga menjadi tujuan JTE 2012.  
Dijelaskan Tinia Budiati, JTE 2012 menggandeng 30 pelaku bisnis pariwisata akan melakukan promosi berbagai destinasi wisata menarik di Jakarta yang kualitasnya tidak kalah dengan destinasi wisata di luar negeri. Diantaranya, Sriwijaya Air,  PT Sea World Indonesia,dan Kidzania.
Budiati juga membeberkan, berdasarkan survei, saat ini sebagian besar masyarakat Pontianak dan sekitarnya masih lebih memilih tempat wisata di luar negeri sebagai tujuan mereka berlibur. Sekitar 58 % masyarakat Pontianak lebih memilih berwisata di luar negeri sebagai tempat liburan. Hanya sekitar 42% yang berwisata di dalam negeri, terutama Jakarta. 
Tinia melanjutkan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan sebagai wakil Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta terus melakukan inovasi kegiatan promosi dengan mengedepankan keterpaduan antara pemerintah dan pihak swasta. JTE dilaksanakan sejak tahun 2008 di berbagai kota di Indonesia.

Tinia melanjutkan, JTE 2012 di Pontianak lebih menitikberatkan pada dua kegiatan bisnis. Business to Business (B2B) atau Table Top dan Business to Consumer (B2C) .
Business to Business (B2B) atau Table Top adalah mempertemukan 30 pelaku industri dari jakarta yang meliputi hotel, obyek wisata, pusat belanja, BPW dan Maskapai penerbangan Sriwijaya Air, yang akan dipertemukan dengan kurang lebih 50 Biro Perjalanan Wisata dari Kota Pontianak dan sekitarnya. Sedangkan Business to Consumer adalah bentuk pameran penjualan paket-paket wisata khusus yang hanya dijual selama tiga hari pada pelaksanaan pameran. 

No comments:

Post a Comment