Friday 12 October 2012

Jamaah Haji Kalbar Minus 12 Orang


Jamaah Haji Kalbar Minus 12 Orang
Calhaj Tertua Usia 89 Tahun

Oleh Ubay KPI

Sebanyak 12 calon jamaah haji Kalimantan Barat tahun 2012 urung berangkat ke tanah suci. 12 calon jamaah haji tersebut disebabkan berhalangan meski telah melunasi pembayaran dan telah ditetapkan oleh panitia haji Kalbar.
Diantaranya, dari 12 haji yang batal berangkat tersebut. 5 orang meninggal dunia, 1 orang sakit, dan 6 orang tunda keberangkatan.
Adanya beberapa calon haji yang batal tersebut, mengurangi jumlah calon haji pada tahun 2012. Dari sebelumnya calon jamaah haji yang telah melunasi sebanyak 2.326 menjadi 2.314 dikurangi 12 jamaah yang urung berangkat.
Pada press conference di Kanwil Depag Kalbar, Selasa (2/9) siang kemarin. Kakanwil Depag Kalbar, M. Husain D. Mahmud menyampaikanm secara rinci tentang persiapan keberangkatan jamaah haji asal Kalbar.
Di hadapan awak media. Husain D. Mahmud menuturkan, persiapan panitia sudah matang dan tinggal menunggu keberangkatan yang sedianya akan dimulai pada tanggal 5 Oktober mendatang hingga 10 Oktober.
“Yang riil berangkat itu sebenarnya 2.315. Namun informasi terakhir dari laporan panitia, ada satu meninggal. Sehingga yang pasti dari jumlah tersebut minus satu lagi,” ujarnya kemarin ditemui di kantornya.
Pada press release Kanwil Depag Kalbar, kuota haji paling tinggi adalah Kota Pontianak dengan jumlah 729 orang, disusul Kabupaten Sambas 266 dan Kabupaten Ketapang dengan kuota 225. Sedangkan yang paling rendah kuota haji untuk daerah di Kalbar yakni Kabupaten Landak dan Bengkayang dengan kuota 49 calon haji.
Presentase sesuai jenis kelamin. Calon jamaah haji Kalbar tahun ini diikuit oleh 1.122 laki-laki dan 1.204 perempuan.
Dari total keseluruhan calon jamaah haji. Ada sebanyak 41 jamaah yang telah melakukan ibadah haji sebelumnya. Selebihnya merupakan ibadah haji pertama kali dengan persentase  98,23 persen.
Selain itu. Panitia Haji Kalbar mencatat, dari jumlah keseluruhan calon jamaah haji Kalbar, satu orang yang paling tua ikut dalam rombongan jamaah haji tahun ini ialah Mat Saag bin Sai dengan usia 89 tahun. Jamaah ini berasal dari Kabupaten Kayong Utara. Sedangkan yang paling muda berusia 18 tahun asal Kabupaten Pontianak atas nama Rahman bin M. Tahir Mukti.
Calon jamaah haji Kalbar terbagi menjadi 6 kelompok terbang. Yakni17, 18, 19, 20, 21, dan 22. Keberangkatan jamaah haji Kalbar sama dengan tahun sebelumnya. Yakni melalui Bandar udara Batam.
Husain D Mahmud mengatakan, tahun ini jamaah haji Kalbar berada dekat dengan wilayah Masjidil Haram Makkah. Seluruh jamaah haji Kalbar terbagi di enam daerah yang meliputi Jiad, Jumaizah, Jarwal, Aziziyah, Hafair, dan Bahutmah. Daerah tersebut berada sekitar 2.500 meter dari Masjidil Haram.
Salah satu jamaah haji yang akan berangkat tahun ini yakni Wakil Walikota Pontianak, Paryadi bersama istri. Begitu juga Kepada Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Pontianak, Suparman.
Paryadi, menjelang keberangkatannya ke tanah suci, beberapa waktu lalu melaksanakan walimatul haj di kediaman dinasnya.
“Alhamdulillah, tahun ini mendapat panggilan ke tanah suci. Tak ada lain harapan setiap jamaah haji, adalah hajinya mabrur. Dan saya berharap, ini terwujud bersama seluruh jamaah haji Kalbar,” ujarnya.

No comments:

Post a Comment