Thursday 26 May 2011

Mahasiswa Fisip Sharing ke Borneo Tribune

Ubay KPI
Siang kemarin, kantor harian Borneo Tribune Pontianak agak lengang setelah beberapa wartawan sudah pulang usai rapat redaksi. Hanya ada beberapa wartawan dan administrasi dan redaktur yang tersisa.
Kelengangan itu pecah ketika sebuah informasi datang dari lantai dasar kepada salah satu redaktur, Budi Rahman mengatakan akan ada tamu datang ke kantor. Budi Rahman menanyakan kepada salah satu wartawan yang sudah menyelesaikan tugas. Ia meminta untuk menulis kunjungan tersebut. Selang 3 menit dari informasi tersebut, sebanyak 15 mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Tanjung Pura Pontianak bertandang dan sharing mengenai media di kantor harian Borneo Tribune Pontianak, Senin (23/5) sore kemarin.
Beberapa mahasiswa tersebut bertandang dengan tujuan ingin menjalin komunikasi dengan beberapa koran harian di Kota Pontianak, salah satunya Borneo Tribune. Sejak awal kunjungan tersebut memang enjoy, terlebih lagi ketika mereka memang diharapkan enjoy oleh Budi Rahman. Pertemuan ini memang lebih akrab dari pertemuan sebelumnya meskipun mahasiswa yang datang berkunjung  sebagian belum pernah ke Borneo Tribune. Keakraban mereka karena sharing ini antara pertemuan antara adik dan abang. Rombongan mahasiswa Fisipol adalah sebagai adik, dan Budi Rahman sebagai abang, karena Budi Rahman merupakan salah satu alumni Fisipol Untan.
Pembicaraan pertama satu per satu mahasiswa memperkenalkan nama masing-masing, dan selanjutnya sharing baik tentang program kampus yang memang menjurus pada sosial masyarakat, sampai dengan mengenai media dan pola kerjanya. Semua dijelaskan dengan santai oleh Budi Rahman, begitu pun dengan mahasiswa Fisipol silih berganti melontarkan pertanyaan mengenai lebih jauh tentang informasi baik mengenai pemberitaan atau pun informasi lainnya.
Salah satu mahasiswa menyampaikan pertemuan tersebut ingin mengetahui bagaimana kinerja media, yang dalam waktu dekat BEM Fisipol akan mengadakan sebuah kegiatan pelatihan jurnalistik. Budi Rahman menjelaskan setiap pertanyaan yang diajukan oleh rombongan mahasiswa.
15 mahasiswa yang bertandang ke Kantor Redaksi Borneo Tribune yakni, Dwi Agus Muharia, Sandy Monanegaro , Theo bernadi, Napolion, Bethoven, Hendriko, Santo, Miftahul Ikhwan, Alim Rahman Hakim, Pandu Budi Setiawan, Adityo Nugroho, Herman Khairudin, Roma Filani, Abdul Khaliqur Rahman, Neneng Ratnasari dan Arif Basri H.
Budi Rahman menyampaikan, suatu kebanggaan dengan rencana Fisip ingin lebih maju termasuk dengan akan mengadakan pelatihan jurnalistik. “Fisipol harus bisa mengimplementasikan apa yang menjadi tujuan akademik dan sesuai dengan kompetensi yang ada pada kehidupan dunia nyata. Sebagai putera daerah harus bisa membangun daerahnya sendiri,” ujar Budi Rahman.

No comments:

Post a Comment