Saturday, 7 May 2011

Program Baru Jurusan Dakwah STAIN Pontianak

Kompetensi Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam dan Bimbingan Konseling Islam Jurusan Dakwah STAIN Pontianak

Program Baru Jurusan Dakwah STAIN Pontianak
Oleh Ubay KPI

Banyak berhasil mencetak dan mengorbitkan mahasiswa yang berkompeten di lapisan masyarakat dan dunia kerja dengan program utama yakni Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam dan Bimbingan Konseling Islam, Jurusan Dakwah STAIN Pontianak tahun ini membuka program baru, yakni kelas khusus Bimbingan Konseling Islam.
Berbeda dengan BKI kelas regular yang harus ditempuh dengan delapan semester, kelas khusus Bimbingan Konseling Islam bisa ditempuh dengan tujuh semester atau tiga tahun enam bulan dengan beban kredit minimal 144 SKS termasuk skripsi dengan perkuliahan Sabtu dan Minggu. Program ini merupakan pengembangan dari kelas reguler Bimbingan Konseling Islam karena banyaknya tuntutan dari lapisan masyarakat yang menginginkan adanya program ini. Jurusan Dakwah STAIN Pontianak sebagai wadah di pengetahuan ini ingin memberikan fasilitas dari keinginan tersebut.
Juga, program studi kelas khusus Bimbingan Konseling Islam Jurusan Dakwah STAIN Pontianak bertujuan memenuhi masyarakat yang berminat pada keahlian konseling Islam dan membantu dalam penyebarluasan metode penanganan masalah kemasyarakatan terutama yang menyangkut bimbingan keagamaan.
Selain itu, kompetensi dari program tersebut ialah konselor Islam, konselor pendidikan, da’I, muballigh, penyuluh agama, dan penulis Islam. Sebagai penunjang dalam kompetensi selain perkuliahan, Jurusan Dakwah STAIN Pontianak juga memfasilitasi berupa dengan perpustakaan, pusat kajian bahasa, pusat penerbutan kampus (STAIN Press), Wi-Fi Area, dan Lab. Micro konseling. Sedangkan lapangan kerja  atau penerapan dari lulusan ini yang membentang dan menanti lulusan program ini diantaranya Kemeneg (penyuluh agama), KUA (konselor perkawinan), Babinrohis, konselor di rumah sakit, dan penulis di media massa.
Dua program studi yang telah dilaksanakan dan terus dilaksanakan Jurusan Dakwah dan telah banyak meluluskan mahasiswanya yang berkompeten sesuai di bidangnya yakni Prodi Komunikasi Penyiaran Islam dan Bimbingan Konseling Islam kelas regular.
Prodi Komunikasi Penyiaran Islam bukan hanya mencetak mahasiswa menjadi jurnalis, penyiar radio, presenter, cameramen, reporter televisi, wartawan, fotografer, namun juga mampu mencetak sebagai muballigh, komunikasi Islam, dan public relation (Humas). Dan terbukti lulusan Prodi ini telah banyak menjejaki lapangan kerja di Kalimantan Barat. Tak lepas juga, Prodi KPI juga didukung dengan fasilitas seperti Lab televisi komunitas, Lab Radio Pro Kom, Lab Fotografi, dan Lab Jurnalistik.
Begitu juga dengan Prodi Bimbingan Konseling Islam yang berkompetensi di dunia konseling dan penyuluh, serta penulis Islam. Lapangan kerja yang telah menanti seperti di Kemeneg dan PPN, KUA, Babinrohis instansi pemerintah dan swasta, konselor di rumah sakit umum, rumah sakit jiwa, rumah tahanan, lembaga pemerintah, dan di sekolah.
Berikut komentar lulusan dua program studi Jurusan Dakwah STAIN Pontianak:

Evi
Praktisi Media
Peluang kerja serta kompetensi lulusan Prodi Komunikasi Penyiaran Islam sudah tidak diragukan lagi, apalagi sekarang sudah dilengkapi dengan praktikum dan Lab yang mumpuni sehingga mahasiswa terampil dalam bidangnya. Prodi KPI sudah banyak memberikan bukti nyata tentang keseriusannya dalam membangun Kalbar.

Jumiati
PNS Kabupaten Kubu Raya
Prodi Bimbingan Konseling Islam Jurusan Dakwah STAIN Pontianak melalui bimbingan psikologi dan konseling yang menjadi fokus utama memberikan manfaat yang sangat besar di social masyarakat. Perbedaan masyarakat banyak kita ketahui dengan ilmu penerapan yang diperoleh selama kuliah. Dan tak kalah pentingnya, lulusan BKI juga bisa mendidik.

Nur Iskandar
Penulis Nasional

Adanya Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam di Jurusan Dakwah STAIN Pontianak sangat bermanfaat sekali untuk regional Kalimantan Barat dan nasional, program ini meski berada di bawah Jurusan Dakwah bukan berarti dibina untuk menjadi dai saja, sebab konsentrasinya lebih kepada komunikasi yang kehadirannya menjawab tantangan mengenai kemajuan sains dan teknologi. Maka sangat dibutuhkan tenaga-tenaga terampil baik untuk media cetak, elektronik, dan internet.
Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam STAIN Pontianak sudah banyak memberi sumbangsih dalam hal ini. Saya sangat bangga dengan STAIN Pontianak yang menangkap lebih dulu kebutuhan zaman dengan program studi komunikasi penyiaran Islam. Dan saya tidak ragu dengan lulusan yang dikeluarkan program studi ini untuk kualitas dan kompetensinya.

Anda ingin melanjutkan ke perguruan tinggi dan ingin menjadi praktisi media, public relation, konselor, penyuluh, atau penulis Islam? Jangan ragu-ragu. Segera mendaftarlah ke Prodi Komunikasi Penyiaran Islam atau Bimbingan Konseling Islam Jurusan Dakwah STAIN Pontianak kelas regular.
Atau segera daftarkan diri Anda ke Prodi Bimbingan Konseling Islam kelas khusus dengan kuliah tiga kali seminggu. Sepuluh pendaftar pertama lulus tanpa tes.

Tempat pendaftaran: Sub Bagian Akademik dan kemahasiswaan STAIN Pontianak
Waktu: 25 April – 18 Juni 2011

2 comments:

  1. hidup Dakwah, aku juga alumni Dakwah KPI bro...... sukses ya,, blognya bagus

    ReplyDelete

 

blogger templates | Make Money Online