Friday 1 April 2011

Utin Kusumawaty


Utin Kusumawaty

Ingin Perempuan Kalbar Maju
Oleh Ubay KPI


Nama:  Dra. Utin Kusumawaty, M. Si
Tanggal lahir : Ngabang, 16 Juli 1955
Alamat: Jalan M. Sohor Perumahan Puri Indah F4
Jabatan: Kadispora Kalbar
Pendidikan: Strata Dua Sosial Untan
Suami: Harriman Idram
Anak : 2



Utin Kusumati, adalah sosok satu diantara beberapa perempuan Kalbar yang menduduki jabatan kepala dinas Provinsi Kalimantan Barat. Saat ini dia menjabat sebagai Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Barat.
Sepak terjangnya di pemerintahan berawal dari tingkat kecamatan. Pada tahun 1979 ia menjabat sebagai Kepala Kantor Kecamatan Sungai Kunyit. Jadi camat.
Tak hanya di kecamatan, Utin Kusumawaty, kemudian promosi ke pemerintahan Kabupaten Pontianak. Dia menjabat Kasubbag Pendidikan dan Pengajaran di APDN tahun 1984, Kasubbag Umum, Kabag Perencanaan Akademis, Kasubbag Umum Diklat Provinsi Kalimantan Barat tahun 1990, Kabag Pemuda Olahraga, dan Peranan Wanita Setda Provinsi Kalbar, Kabag Pendidikan dan Pengajaran Setda Kalbar, Kabag Kebijakan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Setda Kalbar, Kepala Biro Sosial dan Pemberdayaan Perempuan Setda Kalbar, Kepala Bapora PP Kalbar tahun 2005-2009, dan saat ini sebagai Kadispora Kalbar sejak tahun 2009.
Juga pernah memegang peranan penting, dari situlah ia merangkak sedikit demi sedikit, kemudian menjabat kepala bagian di pemerintahan Kalimantan Barat, dan sampai pada saat ini ia masih tetap di pemerintahan Kalbar yakni di Kadispora Kalbar yang hanya menyisakan beberapa waktu lagi untuk pensiun.
Bukan hanya sebatas  di pemerintahan yang ia geluti, di organisasi juga ia sangat aktif, khususnya organisasi yang membina perempuan. Meski bagian dari emosional diri, namun baginya berbagi untuk mengembangkan kualitas perempuan itu merupakan tanggung jawabnya. Merentaskan buta aksara bagi perempuan merupakan bagian daripadanya. Melindungi perempuan dari kekerasan dalam keluarga juga bagian penting baginya.
“Untuk bicara gender di Kalbar masih belum, saat ini hanya mengejar saja terhadap kaum laki-laki, sebab laki-laki tidak diam, ia juga mengembangkan diri. Perkembangan laki-laki saat ini hanya terus dikejar saja oleh perempuan, kita masih belum tahun kapan kesamaan gender itu terwujud,” ujarnya.
Begitu juga dengan pemberdayaan perempuan melalui sector ekonomi, ia terus berupaya bagaimana adanya perempuan sangat produktif  dan punya keterampilan yang memadai untuk menjadi penyokong ekonomi daerah. Ia mensyukuri, saat ini perempuan sudah banyak di profesionalitas maisng-masing dan bidang masing-masing, seperti petani, PNS, politisi, hukum, dan sektor lainnya. Menurutnya, hal itu merupakan bagian dari keberhasilan perempuan Kalbar.
“Saya memang aktif di banyak kegiatan perempuan, hal itu karena saya ingin perempuan Kalbar maju, perempuan Kalbar lebih produktif, dan perempuan Kalbar pintar,” kata Utin.
Beberapa organisasi wanita yang diikutinya seperti, Dharma Wanita Provinsi, Yayasan Asma, Pengurus Jantung Sehat, Ketua Prosi Kalbar, dan lainnya.

No comments:

Post a Comment