Tuesday 8 November 2011

Berlayar Menikmati Eksotikme Sungai Kapuas

Berlayar Menikmati Eksotikme Sungai Kapuas
Oleh Ubay KPI 
Lebih dari 20 fotografer Kota Pontianak beberapa waktu lalu berlayar menggunakan kapal Serasan Wisata menikmati eksotikme Sungai Kapuas di sore hari bersama Wakil Walikota Pontianak, Paryadi.
Pelayaran dari pukul tiga sore hingga jam 6 petang tersebut selain memanfaatkan keindahan Sungai Kapuas sebagai objek jepretan berlatar Jembatan Kapuas I dan tepian Sungai Kapuas yang masih perlu penataan untuk mewujudkan Water Front City berakhir di depan PT Pertamina dan balik lagi ke Taman Alun-alun Kapuas.
Bukan hanya sekedar menjepret dalam pelayaran tersebut, fotografer pemula juga belajar kepada seniornya untuk menghasilkan jepretan yang bagus. Di bawah komando Pontianak Photographer Community, rundown hunting menyusuri Sungai Kapuas dengan kapal tersebut juga bertujuan mempopulerkan Sungai Kapuas serta secara tidak langsung mengkampanyekan kepada masyarakat untuk dinikmati keindahan dan mengembangkan wisata air tersebut.
Dalam kesempatan tersebut pula, Paryadi yang juga Wakil Walikota Pontianak bersama istrinya tak ingin ketinggalan. Ikut belajar mengotak-atik pengaturan kamera dan seringkali menjepret mengambil sisi Sungai Kapuas. “Mumpung ada yang mau mengajarkan, tak ada salahnya untuk mengetahui penggunaan kamera,” tuturnya sambil belajar kepada salah satu anggota Pontianak Photographer Community.
Salah satu photographer yang ikut dalam rundown tersebut juga mengatakan, kesempatan dan peluang besar untuk dikembangkan sangat terbuka wisata Sungai Kapuas. “Semoga aja Water Front City segera mendapatkan kucuran dana untuk dikelola,” ujarnya.
Pada tahun 2012 mendatang, Water Front City yang akan menjual keindahan Sungai Kapuas akan mulai pengerjaannya. Di mulai dengan pengerjaan pembuatan steher di tepian Sungai Kapuas untuk kapal wisata bersandar. Tahap awal, Water Front City akan dibangun dengan dana sekitar Rp600 juta, dari APBN dan APBD Kota Pontianak.
“Bila steiger sudah jadi, maka warga tidak harus naik perahu wisata melalui Alun-alun Kapuas lagi, namun bisa di berbagai tempat,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kota Pontianak, Utin Khadijah beberapa waktu lalu.

No comments:

Post a Comment