Tuesday 8 November 2011

SPIP Wujudkan Good Governance dan Clean Government

SPIP Wujudkan Good Governance dan Clean Government
Oleh Ubay KPI 
Terwujudnya tata pemerintahan yang baik (good governance) serta pemerintahan yang bersih (good government) adalah tujuan pemerintah daerah dan pusat.
Dalam upaya mewujudkan keduanya, Pemerintah Kota Pontianak, memberikan pendalaman Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dengan melaksanakan pelatihan kepada pegawai lingkungan Pemkot Pontianak, di Aula Sultan Syarif Abdurahman Kantor Walikota Pontianak, Senin (31/10) lalu, yakni untuk mencapai pengelolaan keuangan yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel. SPIP merupakan pedoman pengendalian penyelenggaraan kegiatan pemerintahan.
Diklat yang dibuka Wakil Walikota Pontianak, Paryadi dalam sambutannya menyatakan, perkembangan zaman saat ini menuntut pemerintah untuk terus melaksanakan yang terbaik. good governance dan clean government bukan hanya menjadi tujuan dan target, namun keharusan, kebutuhan dalam menjalankan roda pemerintahan.
SPIP pada awalnya dikenal dengan Pengawasan Melekat (waskat) yang persoalannya yang dilakukan bukan hanya disiplin pegawai. Namun juga persoalan keuangan serta mengawasi kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).
“Jadi, dalam mewujudkan birokrasi yang produktif tidak hanya memenuhi jam kerja yang hanya tekstual. Akan tetapi juga mutu kerja dan keberhasilan,” katanya.
Ia prihatin, SKPD saat ini dinilai hanya kejar target penyelesaian SPj semata. Akan tetapi, kualitas dan produktifitas tidak diperhatikan. “Kejar target yang ingin dicapai, bukan hanya sebatas menyelesaikan laporan,” ungkapnya.

No comments:

Post a Comment