Friday 1 April 2011

Kota Terapkan E-KTP Mulai Agustus

Masjid Sarif Abdurahman Pontianak
Kota Terapkan E-KTP Mulai Agustus
Oleh Ubay KPI

Pontianak – Kota Pontianak sebagai salah satu daerah tingkat dua dari 120-an daerah se-Indonesia yang ditetapkan melaksanakan program E-KTP akan memulai program ini pada Agustus mendatang.
Hal itu dikatakan Walikota Pontianak Sutarmidji kepada wartawan siang kemarin saat jumpa pers di kantor Walikota Pontianak.
Lebih lanjut, Sutarmidji mengatakan Agustus penggunaan E-KTP sudah matang dan sudah mulai dilaksanakan di Kota Pontianak. “Program ini gratis, kecuali asuransi harus tetap bayar,” katanya.
Mengenai adanya permintaan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak yang meminta perluasan ruangan,  Sutarmidji menanggapi ruangan yang ada sudah sangat representative. Dalam waktu dekat pelayanan di dinas tersebut akan dilaksanakan di lantai bawah.
“Masalah ruangan atau prasarana lainnya nanti kita yang atur. Yang penting sosialisasinya sekarang. Program ini tidak boleh gagal karena kita satu dari 120-an tingkat dua yang mendapatkan program ini dan jangan sampai Pontianak tidak sukses,” ungkapnya.
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pontianak, Thomas saat ditemui usai coffe morning di kantor Walikota Pontianak, Senin (7/3) kemarin menjelelaskan program E-KTP sudah mulai disosialisasikan oleh tim. Dan dalam waktu yang ditentukan akan selesai.
“Paling lambat program ini dilaksanakan bulan November, tapi kita upayan secepatnya. Sebab program ini juga masih perlu proses dan pekerjanya harus dilatih,” ungkap Thomas.
Dalam program ini dijelaskan Thomas, pembuatan E-KTP harus memenuhi tiga sarat utama yakni pertama sidik 10 jari, foto, dan tandatangan.
Terhadap program ini, Plh. Lurah Batu Layang Pontianak Utara, Sutinah saat dihubungi diang kemarin mengatakan untuk daerah Batu Layang sosialisasi sudah dilakukan baik oleh tim atau pada waktu adanya kegiatan seperti majelis taklim atau perkumpulan lainnya. Begitu juga dengan Kelurahan Siantan Hilir. Tinorma Butar Butar saat dihubungi kemarin juga mengatakan telah melakukan sosialisasi tentang pembuatan KTP baru ini.

No comments:

Post a Comment