Friday 12 August 2011

Kepsek Tanggapi Positif Pelatihan Menulis Cerpen

Kepsek Tanggapi Positif Pelatihan Menulis Cerpen 
Oleh Ubay KPI (Jurnalis Borneo Tribune)
Beberapa kepala sekolah tingkat atas yang telah menerima undangan untuk mengirimkan siswanya menjadi delegasi sekolah mengikuti pelatihan menulis cerpen “Merangkai Cerita dengan Kata” bersama Borneo Tribune Pontianak menanggapi positif.
Salah satu tanggapan positif disampaikan oleh Kepala Sekolah SMAN 5 Pontianak, Masudi beberapa waktu lalu. Ia mengatakan, manfaat menulis sangat besar selain untuk keabadian. Dengan menulis, membawa anak untuk terus memutar pikiran untuk menciptakan suatu ide yang brilian guna dituangkan dalam sebuah catatan. “Banyak anak memiliki bakat menulis. Dari mereka yang suka menulis rata-rata memang IQ-nya tinggi. Bakat merupakan bawaan manusia, oleh karenanya bakat perlu dipupuk untuk lebih baik,” ujarnya.
Ia juga mengatakan, SMAN 5 Pontianak juga telah mempersiapkan siswanya untuk mengikuti pelatihan menulis cerpen bersama Borneo Tribune. “Bahkan kalau bisa bukan hanya siswa saja yang akan saya ikutkan, yang mahasiswa juga mau saya ikutkan,” katanya sambil bercanda.
Tanggapan positif sekaligus menyiapkan siswanya yang hobi menulis untuk mengikuti kegiatan ini juga disampaikan oleh Kepala Sekolah SMKN 6 Pontianak, Rohmadi Suhariyanto. Ia mengatakan, pelatihan ini merupakan salah satu pendukung bagaimana memberikan sarana kepada siswa yang memiliki bakat. “Di sekolah sangat terbatas pendidikan seperti ini, kalaupun ada paling hanya beberapa bab di mata pelajaran Bahasa Indonesia,” ujarnya.
Selain untuk mengembangkan bakat siswa, usai pelatihan menurut Rohmadi, siswa tersebut bisa menjadi motivator bagi lainnya untuk mengembangkan mading di sekolah. “Atau kalau memang karyanya baik, kan bisa dikirim ke media cetak untuk diterbitkan,” ujarnya.
Telah ada 20 lebih siswa tingkat atas yang telah mendaftar mengikuti pelatih menulis cerpen bersama Borneo Tribune yang akan dilaksanakan 13-15 Agustus mendatang. Pendaftaran masih tetap dibuka hingga H-1 pelaksanaan. Pendaftaran bisa melalui email ke ubaykpi@yahoo.com atau ke contak person 081345728072/085750776672.

No comments:

Post a Comment