Friday 12 August 2011

Zakat Fitrah Menghiasi Hari Raya

Dr. Ir. H. Wasi’an Syafiuddin
Zakat Fitrah Menghiasi Hari Raya 
Oleh Rosalinda (Jurnalis Borneo Tribune)
Dr. Ir. H. Wasi’an Syafiuddin, M.Sc mengatakan ibadah lain yang turut mewarnai setiap datangnya hari raya Idul Fitri adalah zakat fitrah. Kewajiban yang bersifat individual ini ikut menghiasi hari raya sebagai bentuk riil dari asas kebahagiaan umat Islam.
Ia mengatakan zakat yang secara umum bisa diartikan sebagai proses pemerataan kepemilikan ini, pelaksanaannya tidak lain merupakan perpindahan harta yang dimiliki oleh kalangan orang-orang kaya ke tangan orang-orang yang tidak berdaya, tentunya dengan beberapa syarat dan catatan yang dikupas secara detail dalam kajian fiqh.
“Di antara hikmah disyari`atkannya menjelang datangnya hari Idul Fitri adalah agar dapat berbagi kebahagiaan antara sesama muslim dari kalangan mampu dan non mampu,” katanya.
Sambung Wasian, seorang muslim yang memiliki kecukupan makanan pada hari itu diharuskan mengeluarkan bahan makanan pokok maupun uang. Kata Wasi’an, zakat fitrah wajib dikeluarkan di akhir Ramadan yang bertujuan membersihkan jiwa dan harta yang nantinya diberikan untuk orang fakir miskin.
“Bagi orang yang tidak bayar zakat fitrah maka berdosa besar lah orang itu, diakhir kiamat nanti zakat itu menjelma menjadi binatang dan menyetrika badan kita, sedangkan emasnya akan membentuk api dan membakar tubuh kita,” jelasnya.

No comments:

Post a Comment