Thursday 15 September 2011

Haornas untuk Kesehatan Masyarakat

Utin Kusumawaty menyerahkan bingkisan hadiah doorprize kepada peserta yang beruntung pada peringatan Haornas tahun lalu. FOTO: Ubay KPI
Haornas untuk Kesehatan Masyarakat
Oleh Ubay KPI
Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang jatuh pada tanggal 9 September merupakan momen dalam memperingati hari olahraga sekaligus kembali menyemarakkan semangat olahraga kepada masyarakat. Olahraga bukan hanya terikat kepada atlet, namun untuk semua kalangan masyarakat.
Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Barat, Utin Kusumawaty saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (9/9) siang kemarin.
“Esensi dari Haornas ialah masyarakat sehat dan bugar, dan meningkatkan kesadaran masyarakat bagaimana pentingnya olahraga,” jelasnya.
Ia mengatakan, dalam peringatan Hari Olahraga Nasional sesuai dengan surat pemberitahuan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga. Seyogyanya Haornas diperingati tanggal 9 September. Hanya saja dalam surat pemberitahuan kepada pemerintah, pelaksanaan bisa saja menyesuaikan dengan situasi daerah masing-masing.
“Pemerintah Kalimantan Barat akan tetap melakukan peringatan Haornas melalui, namun tidak pada tanggal yang bertepatan. Sebab, sekarang masih dalam suasana Idul Fitri dan tidak memungkinkan untuk mengerahkan masyarakat dalam memperingatinya,” ulasnya.
Dengan mengangkat tema ”Satu Indonesia Bangkit dan Maju” Pemerintah Kalimantan Barat akan memperingati Haornas pada tanggal 18 September mendatang di sirkuit care free day. Dalam peringatan tersebut sekaligus akan membacakan sambutan Kementerian Pemuda dan Olahraga yang akan dibacakan oleh Gubernur Kalimantan Barat.
Dalam peringatan Haornas nanti, Pemerintah Kalimantan Barat melalui Dispora Kalimantan Barat akan melaksanakan beberapa kegiatan meliputi senam aerobic, fun bike, penyerahan tali asih kepada insan olahraga, dan pembagian doorprize kepada peserta.
“Dalam peringatan Haornas nanti kita juga akan melibatkan banyak pihak. Termasuk masyarakat umum yang menjadi tujuan utama dalam peningkatan kesadaran berolahraga,” ujarnya.
Sejalan dengan peringatan Haornas ke-28 ini, Utin Kusumawaty juga berharap, dengan semangat Haornas, khususnya atlet yang akan menghadapi PON ikut memacu semangat untuk nama baik Kalimantan Barat di kancah nasional.  

No comments:

Post a Comment