Friday 23 September 2011

Insan Cacat Berkompetisi

Insan Cacat Berkompetisi
Oleh Ubay KPI

Sebanyak 137 orang cacat akan berkompetisi dalam perebutan medali di acara Pekan Olahraga Cacat Provinsi (Porcaprov) II Kalbar di Pontianak 1-5 Agustus yang diadakan Badan Pembina Olahraga Cacat (BPOC) Kalbar.
137 insan cacat yang akan berkompetisi di Porcaprov yang pertandingannya akan dimulai pagi ini akan memperebutkan sebanyak 79 medali dari lima cabang olahraga yang dipertandingkan. Lima Cabor yang dipertandingkan pada Porcaprov ke-2 Kalbar ini terdiri dari, tenis meja, bulu tangkis, renang, atletik, dan angkat berat.
Ketua BPOC Kalbar sekaligus Ketua Panitia Porcaprov II Kalbar, Ibrahim Candra saat ditemui di secretariat panitia di asrama Korpri Kalbar, Minggu (1/8) kemarin, mengatakan, dalam pelaksanaannya, semua cabang olahraga yang dipertandingkan di Porcaprov bekerja sama dengan Pengurus Provinsi (Pengprov) masing-masing cabang olahraga di Kalbar. Dengan kegiatan ini, Ibrahim Candra mengharapkan muncul atlet yang mampu membanggakan Kalbar pada Porcanas 2011 di Riau nanti. “Kegiatan ini sekaligus menjadi ajang seleksi untuk menghadapi Porcaprov di Riau nanti, kita akan berusaha semaksimal mungkin agar nantinya, Kalbar memiliki nama baik di kancah nasional bukan hanya dari insane yang normal saja, namun juga orang cacat juga bisa mengharumkan nama Kalbar,” ujar Ibrahim Candra.
137 atlet yang ikut meramaikan Pekan Olahraga Cacat Provinsi tahun ini berasal dari delapan daerah se-Kalbar. Delapan daerah yang telah dipastikan mengirim atletnya, Kota Pontianak, Kubu Raya, Kabupaten Pontianak, Singkawang, Sambas, Ketapang, Kayong Utara, dan Kapuas Hulu. Sedangkan 79 medali yang akan diperebutkan yakni dari cabang atletik sebanyak 30 medali, angkat berat 7 medali, bulu tangkis 13 medali, renang 18 medali, dan tenis meja 11 medali.
Hasil klasifikasi kemarin yang merupakan sarat utama pelaksanaan Porcaprov sebelum melaksanakan pertandingan, Ibrahim Candra menjelaskan dari 137 atlet uang terdaftar semua lolos klasifikasi atlet dan semuanya bisa bertanding sesuai cabang olahraga yang akan diikuti. “Pada acara klasifikasi kemarin, kami hanya menemukan dua talet yang tingkat kecacatannya hamper tidak ada, yakni atlet asal kayong Utara . Ia hanya postur tubuhnya saja yang pendek sedangkan mengenai cacat badan tidak ada, tingginya sekitar kurang dari satu meter, mereka berdua nanti tetap akan dimainkan, namun lawannya juga sesuai dengan tingkatnya,” jelasnya.
Ibrahim Candra  melanjutkan, selam pelaksanaan Porcaprov atlet ditempatkan di dua tempat, yakni di Korpri dan mess PSSI Kalbar. Serta segala fasilitas kebutuhan atlet selama Porcaprov semuanya ditanggung oleh BPOC Kalbar, mulai dari penginapan, makan, dan antar jemput atlet ke arena. “Yang menginap di mess PSSI Kalbar yakni kontingen Kubu Raya, dan Kabupaten Pontianak, kami panitia akan bekerja semaksimal mungkin dan memberikan pelayanan yang baik juga untuk atlet,” katanya.
Tempat pertandingan yang akan digunakan pada lima cabang olahraga yang dipertandingkan yakni, untuk tenis meja bertempat di aula Korpri Kalbar, bulu tangkis di GOR Khatulistiwa, renang di kolam renang JC Oevaang Oeray, angkat berat di sasana PABBSI Kalbar, dan atletik di lintasan atletik Sultan Syarif Abdurrahman Pontianak.

No comments:

Post a Comment