Sunday 18 September 2011

Lomba Mengarang Cerpen dan Puisi Lingkungan Hidup 2011

Panitia lomba mengarang cerpen dan puisi lingkungan hidup 2011 membahas teknis seleksi naskah yang masuk ke sekretariat panitia. Naskah yang masuk segera diseleksi  tim juri dan akan dimuat di Harian Borneo Tribune. FOTO : Yose
Lomba Mengarang Cerpen dan Puisi Lingkungan Hidup 2011
Total Hadiah Rp 5,6 Juta
Oleh Hawad Sriyanto
Kecintaan terhadap lingkungan hidup dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya,  dengan mengarang cerita pendek (cerpen) dan membuat puisi. Bagi siswa SMP/MTs dan SMA/MAN yang gemar mengarang cerpen atau siswa SD/MI yang suka menulis puisi lingkungan,  sungguh beruntung. Pasalnya, Harian Borneo Tribune bekerjasama dengan Sinar Mas Forestry dan PT. Pos Indonesia Kalbar menyelenggarakan Lomba Mengarang Cerita Pendek (Cerpen) & Puisi 2011 bertema Lingkungan Hidup. Lomba ini sudah digelar Maret lalu, panitia kini sedang menerima kiriman naskah hingga akhir Oktober 2011.
Salah seorang panitia, Tanto Yakobus, menuturkan dengan cara ini, siswa termotivasi untuk mencintai, melestarikan dan menjaga keseimbangan lingkungan disekitarnya. “Karena kategori pengarang dan penulisnya masih dilevel SD hingga SMA sederajat, maka sesungguhnya peran orangtua, guru khususnya guru bidang studi Bahasa Indonesia diminta mendorong anak dan siswanya untuk berkarya baik mengarang cerpen maupun menulis puisi yang lebih aplikatif,” jelas Tanto, Sabtu (17/9) kemarin.
Sementara itu, External Relations Sinarmas Forestry Kalbar yang juga anggota panitia, Vincent Julipin, menambahkan lomba ini selain menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan, juga melatih siswa mengplikasikan pelajaran Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
“Dengan cara ini, para guru Bahasa Indonesia diharap makin memotivasi anak didiknya mencintai Bahasa Indonesia, memahami pentingnya kelestarian lingkungan. Atas dasar ini, peran guru bidang studi Bahasa Indonesia sungguh didorong agar anak didik diminta mengarang cerpen dan puisi,” jelas Julipin, Sabtu (17/9), di Kedai Cita Rasa, Jalan Agus Salim Pontianak.
Kata Julipin, untuk mendorong siswa-siswi berkarya, panitia telah menyediakan hadiah. “Total hadiah sebesar Rp 5,6 juta bagi 9 pemenang bagi juara 1, 2 dan 3. Sedangkan pemenang 4 hingga10 akan mendapat piagam penghargaan,” tutur Julipin.

No comments:

Post a Comment