Thursday 15 September 2011

Haul Perdana Perintis Kampung Saigon

Syech Muhammad Yusuf Saigon
Haul Perdana Perintis Kampung Saigon
Oleh Ubay KPI
Untuk kali pertama, keluarga besar keturunan tokoh Kampung Saigon, Syech Muhammad Yusuf yang masih tetap berada di Kota Pontianak akan mengadakan haul keluarga besar dalam mengenang sejarah perjuangannya membangun Kampung Saigon yang saat ini bernama Jalan Tanjung Raya II, Pontianak Timur.
Haul akbar Syech Muhammad Yusuf dilaksanakan di Masjid Al-Karim Saigon, Kamis (8/9) setelah salat Isya’.
Salah satu keturunan Syech Muhammad Yusuf yang jatuh pada garis cicit dalam garis silsilahnya, Syahrani saat dihubungi sore kemarin menuturkan, dalam haul ini mengundang beberapa pejabat seperti Walikota Pontiana, Kapolresta Pontianak, Makodam Tanjungpura, Camat Pontianak Timur, dan beberapa pejabat dan tokoh Kota Pontianak lainnya.
Dalam haul ini, juga dirangkai dengan haul Mufti Abdus Shomad, seorang yang menemani Syech Muhammad Yusuf pada masa hidupnya dalam membina sebuah pendidikan di Madrasah Saigoniyah.
Dalam sebuah sejarah, nama Saigon diambil dari nama istri Syech Muhammad Yusuf yang keturunan Negara Vietnam, ialah Saigon. Kebersamaan Syech Muhammad dengan Saigon hingga akhir hayat Syech. Sehingga dalam mengenang kebersamaannya, diabadikanlah nama istrinya menjadi nama kampung yang saat ini berada di wilayah Pontianak Timur.
Syahrani juga mengatakan, meskipun haul ini merupakan kali pertama, keluarga keturunan Syech Muhammad Yusuf akan mengupayakan haul akan dilaksanakan setiap tahun ke depannya.  

1 comment:

  1. assalamualaikum. boleh minta no kontak keluarga beliau?sy keturunan mufti amaluddin al banari juga,suami saya buyut datu landak,cucu syekh abdurrahmann sddik albanjari? ini no hpsy,082358011612.kami ingin datang ke haul beliau,insyaallah.kapan thn ini?mksh

    ReplyDelete