Thursday 15 September 2011

Kota Pontianak Mengalami Inflasi 1,78 Persen

Kota Pontianak Mengalami Inflasi 1,78 Persen
Oleh Ubay KPI
Selama Bulan Agustus 2011, Kota Pontianak mengalami inflasi sebesar 1,78 persen. Dengan inflasi tersebut, Kota Pontianak menempati peringkat ketujuh dari 66 kota se-Indonesia.
Hal tersebut sesuai dengan data yang disampaikan oleh Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Barat Nomor 45/09/61/Th.XIV, 5 September 2011.
Inflasi di Kota Pontianak di bulan Agustus disebabkan karena adanya kenaikan indeks pada semua kelompok pengeluaran, seperti kelompok makanan, makanan jadi, rokok, dan tembakau. Begitu juga dengan kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar. Kelompok sandang juga mengalami kenaikan serta transportasi, rekreasi, dan jasa keuangan.
Inflasi yang terjadi di Kota Pontianak pada bulan Agustus sebesar 1,78 persen tersebut karena berbarengan dengan persiapan perayaan hari raya Idul Fitri 1432 H.
Sepuluh komoditi yang memberikan sumbangan inflasi tinggi antara lain angkutan udara, telur ayam ras, tongkol, jeruk,  sawi hijau,  tenggiri, emas perhiasan, ayam goreng, kangkung, dan kembung.
Dalam press release BPS Provinsi Kalimantan Barat, juga disebutkan laju inflasi kalender Januari-Agustus, Kota Pontianak sebesar 4,28 persen. Sedangkan inflasi year on year (Agustus 2011 terhadap Agustus 2010) sebesar 6.36.

No comments:

Post a Comment