Friday 29 July 2011

Dekranasda Kabupaten Sanggau

Hj. Zubaidah Setiman mendampingi tim Dekranasda Kabupaten Sanggau yang tengah sibuk mempersiapkan hidangan nasi Sungkui yang diserbu para tamu undangan pada acara peresmian gedung baru pusat oleh-oleh dan makanan khas Kalbar, Kamis (27/7). Foto: Abdul Khoir
Dekranasda Kabupaten SanggauSuguhkan Nasi Sungkui
Oleh Abdul Khoir (Jurnalis Borneo Tribune)
Dari 14 kabupaten/kota yang turut memeriahkan stand dalam acara peresmian gedung pusat oleh-oleh dan makanan khas Kalbar di Komplek Museum Negeri, Kamis (28/7), hadir stand milik Dekranasda Kabupaten Sanggau yang menyuguhkan makanan khasnya yakni nasi Sungkui.
Ketua Dekranasda yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sanggau, Hj. Zubaidah Setiman yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, Kabupaten Sanggau memang memiliki banyak makanan khas baik dari etnik Dayak, Melayu maupun makanan yang dibawa oleh para pendatang seperti Tionghoa, Jawa maupun daerah lain.
“Sungkui ini bukan lagi mengatasnamakan satu suku, tapi sudah menjadi makanan khas Sanggau,” kata Hj. Zubaidah di sela mendampingi tim Dekranasda Kabupaten Sanggau menyajikan makanan kepada para tamu undangan pada acara tersebut.
Sungkui adalah makanan yang terbuat dari beras yang dibuat menyerupai lontong namun bentuknya pipih yang dibungkus dengan daun sungkui.
Makanan yang biasa disajikan pada acara-acara penting seperti menjamu tamu kehormatan, lebaran maupun saat pertamuan keluarga besar tersebut, disajikan lengkap dengan opor ayam kampung, sambal goreng nanas dan serundeng.
Pada acara peresmian gedung baru tersebut, makanan Sungkui yang disajikan masih panas ternyata mendapat perhatian dari Gubernur Kalbar, Cornelis dan Wali Kota Pontianak, Sutarmiji, karena dari seluruh stan yang ada, nasi Sungkui dipilih untuk menjadi makanan yang dinikmati pada acara tersebut.
Dekranasda Kabupaten Sanggau, selain mengembangkan dan terus membina masyarakat untuk melestarikan makanan khas, kerajinan masyarakat dan usaha kecil di Kabupaten Sanggau, akan semakin bersemangat dengan diresmikannya gedung pusat oleh-oleh dan makanan khas Kalimantan Barat.
“Dengan adanya upaya yang dilakukan oleh Dekranasda Provinsi Kalbar, maka di daerah juga akan semakin bersemangat untuk terus mengembangkan kekhasan daerah,” imbuhnya.

No comments:

Post a Comment